Pagaralam, Sumsel (ANTARA News) - Dua kali gempa tektonik berkekuatan 6,0 skala richter menguncang Kota Pagaralam, Sumatra Selatan, Sabtu, pukul 16.18 WIB dan 16.20 WIB.

Gempa yang berpusat di Bintuhan, Provinsi Bengkulu dan guncangannya cukup kuat itu membuat warga panik dan berhamburan keluar, wartawan ANTARA melaporkan dari Kota Pagaralam.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa dan menimbulkan kerusakan berarti, guncangan gempa sampai menggetarkan tiang listrik dan gedung-gedung tinggi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat, Dadang Pramana, didampingi operator pemantau gempa, Irwan, mengatakan, pusat gempa berada pada titik koordinat 5,19 lintang selatan (LS) dan 102,87 bujur timur (BT).

"Pusat gempa yang tidak berpotensi menimbulkan tsunami itu, berada pada 72 kilometer barat daya Bintuhan, 28 kilometer barat laut Bintuhan Provinsi Bengkulu dengan kedalaman 28 kilometer," ungkapnya.

Gempa kuat pernah mengguncang daerah ini pada 2007 dan menimbulkan kerusakan ratusan bangunan rumah warga di Jarai Lahat, serta merusak sejumlah banguan perkantoran milik Pemkot Pagaralam.

Akibat gempa 2007 itu, seorang warga meninggal dunia karena tertimpa dinding beton yang runtuh.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009