Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik CSIS, J. Kristiadi di Jakarta, Sabtu mengatakan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus bersih dari kepentingan serta konflik partai politik (parpol).

Bila ada pejabat BUMN yang masuk dalam tim kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2009, orang pasti akan berasumsi bahwa BUMN menjadi sapi perahan untuk politik, kata Kristiadi.

"Mulai saat ini secara tegas pihak BUMN menyatakan bahwa di dalamnya tidak ada yang menjadi tim sukses dari pilpres," katanya.

Selain itu, katanya, media massa dan masyarakat harus terus memantau dan mempublikasikan bila di lingkungan BUMN ada yang jadi tim sukses pilpres.

"Maka harus terus diawasi, karena diam-diam bisa saja akan ada lagi pejabat di lingkungan BUMN yang jadi tim kampanye pilpres," kata Kristiadi.

Hal ini dikemukakannya terkait dari temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bahwa adanya beberapa pejabat di lingkungan BUMN yang jadi tim kampanye dari pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009