Jakarta (ANTARA News) - Pasangan pebulutangkis putra asal Korea, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae meraih gelar juara Djarum Indonesia Terbuka Super Series 2009, Minggu.

Pasangan ini berhasil mengungguli lawannya, pasangan asal China Chai Yun/Fu Haifeng dalam pertandingan dua game langsung yang berakhir dengan skor 21-15, 21-18.

"Setelah kemenangan game pertama kami merasa lebih yakin saat memasuki game kedua," kata Yong Dae.

Menurut Yong Dae, kunci kemenangan pasangan peringkat lima dunia itu adalah tempo permainan yang cepat.

"Pemain China bermain terlalu cepat, sehingga membuat kesalahan sendiri. Dengan demikian kami bisa mengendalikan permainan," kata pemain yang berusia 21 tahun itu.

Setelah kemenangan itu, Jung/Lee akan berlaga di Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di India, Agustus.

Pasangan Chai Yun/Fu Haifeng yang mengalahkan Jung/Lee pada babak perebutan gelar kejuaraan Piala Sudirman 2009 mengatakan pasangan Korea itu bermain dengan baik.

"Sejak awal, perkiraan kami untuk memenangkan pertandingan ini 50-50. Tapi hari ini mereka bermain lebih baik," kata Chai.

Setelah kejuaraan yang berlangsung di China itu, pasangan peringkat enam dunia itu berkutat dengan cedera yang mereka alami.

"Setelah kejuaraan itu, kami berusaha sembuh dari cedera punggung kami," kata Chai.

Ganda yang pernah menjuarai turnamen Indonesia Terbuka 2007 itu akan kembali berlaga pada Kejuaraan Dunia 2009 yang akan digelar di India, Agustus.

"Pada kejuaraan itu, kami akan berusaha yang terbaik untuk menjadi juara," kata Fu.

Turnamen berhadiah total 250 ribu dolar Amerika itu berakhir Minggu.

Pemain Indonesia tidak berhasil menggenggam satu pun gelar pada turnamen super series itu setelah satu-satunya wakil Indonesia di babak final, Taufik Hidayat, harus mengakui keunggulan pemain asal Malaysia, Lee Chong Wei.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009