Semarang,(ANTARA News) - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto mengepung Jawa untuk mendapatkan suara yang signifikan pada Pemilu Presiden 2009.

"Ya, kita kepung Jawa karena pemilihnya 60 persen sendiri dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT)," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Muchdi PR saat mendampingi cawapres Prabowo dalam temu wicara dengan penjual jamu gendong di PT Sido Muncul Semarang, Senin.

Muchdi mengatakan, jika pasangan Mega-Prabowo bisa memenangkan Jawa maka otomatis bisa memenangkan Pilpres.

"Selain Jawa Tengah, kita fokus ke Jawa Barat dan Jawa Timur," kata Muchdi yang menjelaskan, saat ini Megawati juga sudah sampai Banyumas, Jawa Tengah.

Muchdi PR mengatakan, untuk dapat mengepung Jawa diperkirakan dibutuhkan waktu sampai tanggal 29 Juni 2009 sampai Jawa Timur.

Setelah prioritas pertama Jawa, pasangan Mega-Pro juga menggarap Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

"Kita lihat dari daerah pemilihan dan daerah konsentrasi PDIP dan Gerindra. Jika masih kurang kekuatan Mega-Prabowo akan mengunjungi daerah tersebut," katanya.

Pada putaran pertama Pilpres, Mega-Prabowo menargetkan bisa mendapatkan suara 40 persen.

Saat kampanye, Megawati merebut tatar Selatan Jawa, sedangkan Prabowo merebut tatar Utara Jawa.

Sebelumnya, pengamat politik Universitas Diponegoro Fitriyah memprediksi pasangan Mega-Prabowo akan kembali unggul di Jawa Tengah dalam pemilu mendatang.

Prediksi kemenangan tersebut didasari dengan pemilih PDIP yang loyal terhadap partai.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009