Jakarta (ANTARA News) - Koperasi-koperasi di negara ASEAN segera menggelar forum bisnis untuk mewujudkan kerja sama perdagangan di Malaysia, akhir Juni mendatang.

"Dalam forum ini akan dibicarakan rencana pengembangan ASEAN `Cooperatives Business Forum` (ACBF) ke depan," kata Asisten Deputi Urusan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Syamsuddin Matondang, di Jakarta, Selasa.

ACBF yang merupakan rangkaian acara ASEAN "Center of Development Agricultural Cooperatives" (ACEDAC) akan digelar di Penang, Malaysia, pada 29 Juni -3 juli 2009 mendatang.

Indonesia akan membawa serta delegasi dari pihak pemerintah maupun koperasi yang diwakili oleh Induk Koperasi Tani dan Nelayan (Inkoptan).

"Kami juga akan mempresentasikan pengembangan koperasi pertanian dalam mendukung ketahanan pangan di lingkup ASEAN," kata Syam.

Selain itu, delegasi Indonesia akan mempresentasikan produk unggulan dari setiap koperasi terutama anggota Inkoptan.

Dari pertemuan itu, pihaknya mengharapkan akan ada guideline ACBF termasuk terjalin kesepakatan antar-koperasi se-ASEAN untuk melaksanakan kerja sama perdagangan.

Dalam agenda lain, pihaknya juga berharap akan segera terwujud strategi aliansi koperasi se-ASEAN.

"Selama ini koperasi di ASEAN belum semaju negara-negara kawasan lain," katanya.

Indonesia secara khusus juga berharap adanya keberlanjutan pelaksanaan pendidikan anggota melalui proyek penguatan kerja sama dengan Jepang yang telah dirancang sebelumnya.

"Kami sangat berharap pertemuan ini menghasilkan kesepakatan untuk dapat mewujudkan kegiatan yang tertuang dalam ASEAN `Economic Community Blueprint`," katanya.

Forum tersebut akan berlanjut dalam sidang SOM AMAF di Vietnam pada 11-13 Agustus 2009 untuk mempertegas keberadaan kegiatan "agriculture cooperatives" dan membahas masukan yang telah disepakati dalam sidang ACEDAC. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009