Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran non unggulan Hendra Aprida Gunawan dan Vita Marissa menumbangkan unggulan pertama asal India Diju Valiyaveetil/Jwala Gutta 8-21, 21-14, 21-16, Jumat, untuk maju ke semifinal Malaysia Terbuka Grand Prix Goldyang digelar di Johor Baru, Malaysia.

Pasangan yang tampil pada turnamen kedua mereka setelah Indonesia Super Series pekan lalu, pada semifinal akan bertemu unggulan ketiga asal China Xu Chen/Zhao Yunlei yang menurut situs tournamentsoftware.com mengalahkan rekan senegara mereka Chen Zhiben/Zhang Jinkang 21-10, 17-21, 21-17.

Semifinal ganda campuran lainnya juga mempertemukan pasangan China yakni unggulan kedua sekaligus juara tiga turnamen Super Series berturut-turut di Swiss, Singapura dan Indonesia Terbuka, Zheng Bo/Ma Jin melawan Zhang Nan/Pan Pan. Pertemuan tersebut memastikan China meraih satu tempat di final.

Hendra juga berhasil meraih satu tempat di semifinal ganda putra saat bersama pasangannya Alvent Yulianto berhasil menyisihkan pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto/Noriyasu Hirata 21-19, 21-13.

Namun, sukses yang diraih Vita pada ganda campuran tidak diikuti keberhasilan pada ganda putri saat bersama pasangannya Nadya Melati, Vita tumbang di tangan pasangan China Ma Jin/Wang Xiaoli dengan kekalahan 11-21, 12-21 hanya dalam 20 menit.

Langkah pemain tunggal putra asal PB Djarum, Andre Kurniawan juga terhenti setelah kalah dari pebulutangkis Hong Kong Hu Yun 6-21, 12-21 sehingga gagal ke semifinal untuk bertemu unggulan pertama Lee Chong Wei dari Malaysia.

Lee Chong Wei, juara Indonesia Super Series, bertahan dalam turnamen berhadiah 120.000 dolar AS itu dengan menyisihkan unggulan kelima asal Jepang Kenichi Tago dengan kemenangan dua game langsung 21-9, 21-15.

Adapun juara tunggal putri di Indonesia Super Series pekan lalu, Saina Nehwal dari India, tersingkir di perempatfinal setelah unggulan kedua itu gagal mengatasi pemain China Wang Xin sehingga kalah 14-21, 10-21.

Wang Xin yang lolos dari babak kualifikasi, pada babak empat besar akan menghadapi andalan tuan rumah Malaysia, unggulan keempat Wong Mew Choo yang menang 21-15, 21-17 atas unggulan tujuh Xing Aiying dari Singapura.

Semifinal tunggal putri lainnya mempertemukan unggulan pertama Pi Hongyan dengan pemain China yang juga harus melalui babak kualifikasi Wang Shixian.
(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009