Jakarta (ANTARA News) - Nilai transaksi yang diperoleh dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2009 yang diselenggarakan selama empat hari mencapai Rp29,7 miliar dengan jumlah pengunjung 31.293 orang.

"Hingga pukul 14.00 siang hari ini, jumlah pengunjung 31.293 orang dengan transaksi sebanyak Rp29,7 miliar," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Departemen Perdagangan, Fauzi Azis, di Jakarta, Minggu.

Walaupun jumlah transaksi menurun dibandingkan tahun lalu yang berjumlah Rp34,4 miliar, Fauzi menyatakan pameran tahun ini memang lebih difokuskan untuk produk-produk berbasis teknologi di samping tetap menampilkan produk komersil seperti kerajinan tangan dan batik.

"Pameran tahun ini memang ingin menonjolkan produk berbasis IT untuk meningkatkan kesadaran pada pengunjung bahwa Indonesia memiliki produk film, animasi dan program software sendiri yang dibuat oleh anak Indonesia," katanya.

Menurutnya, dalam konteks pembangunan ekonomi kreatif berbasiskan TI seperti software, animasi, game online, film dan musik telah memberikan kesadaran baru bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih banyak berkarya dengan nilai kualitas yang tinggi.

"Di masa depan diharapkan masyarakat dapat bangga memakai produk dalam negeri serta budaya konsumtif masyarakat dapat berubah ke arah tata nilai produktif," katanya.

Menurutnya, penyelenggaraan PPKI tahun ini telah memberikan bukti bahwa potensi dan peta kekuatan ekonomi kreatif Indonesia semakin nyata menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi negara yang selama ini disumbang oleh sektor seperti pertanian, pertambangan dan industri manufaktur.

Pekan Produk Kreatif Indonesia tahun ini berlangsung dari tanggal 25-28 Juni 2009 di Jakarta Convention Center.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009