Jakarta, 1/7 (ANTARA) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE meresmikan Taman Indonesia di Parc Paradisio, Brugelette, Belgia, baru-baru ini. Taman yang diberi nama Kingdom of Ganesha itu dibangun oleh Erick Domb, pengusaha setempat yang memiliki kecintaan mendalam terhadap Indonesia.


Parc Paradisio sendiri merupakan sebuah kebun binatang seluas 50 ha yang terletak di kota Mons sekitar 80 km dari Brussel. Sedangkan untuk Taman Indonesia seluas 5 ha, yang di dalamnya bernuansa khas Indonesia seperti rumah adat Toraja dan Bali lengkap dengan terasering dan subaknya yang populer di kalangan wisatawan Eropa. Untuk membangun Indonesian Project tersebut Erick Domb mendatangkan 300 kontainer batuan dari Gunung Merapi.


Keberadaan Kingdom of Ganesha tersebut, menurut Erick Domb yang menganggap Indonesia sebagai The Most Diversity Country in The World ini, diharapkan akan mendorong minat wisatawan Eropa dan warga Belgia pada khususnya untuk mengunjungi Indonesia.


Pada acara peresmian tersebut, kata Dirjen Pemasaran Depbudpar DR. Sapta Nirwandar, dilakukan carnaval Indonesia dan pengenaan pakaian Indonesia pada Manekin Pis serta atraksi kesenian dari tim sanggar tari Iin Sahetapy, Sumbar di Grand Place, Brussels.


Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Informasi dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009