Sungailiat, Bangka (ANTARA News) - KPPS diberbagai TPS di wilayah Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, binggung karena formulir C4 (undangan) sampai H-6 menjelang Pilpres belum di distribusikan oleh KPU.

"Kalau C4 mendadak datangnya tentunya membuat kerja kami di lapangan menjadi tergesa-gesa," kata Ketua KPPS Parit Pekir, M.Dinul, di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan, jika C4 datang lebih cepat tentunya akan mempermudah mengisi untuk undangan pemilih sesuai yang terdaftar dalam DPT.

"Untuk mengisi undangan dengan jumlah 350 mata pilih tidaklah sebentar, kemudian mengedarkan keseluruh mata pilih yang alamatnya juga tersebar dimana sesuai dengan alamatnya," katanya.

Menurutnya, sebenarnya kalau bisa tidak hanya model C4 yang segera datang melainkan kebutuhan logistik lainnya sehingga mereka yang kerja di lapangan sudah bisa mempersiapkan terlebih dahulu.

"Sampai sekang saja saya juga belum bisa memesan tenda untuk pelaksanaan pemilu karena uangnya saja tidak ada", ujarnya.

Dia mengatakan, pengalaman yang dialami sebagai ketua KPPS, persiapan menjelang hari H tidaklah sebentar, mulai dari menyebar undangan sampai dengan pemasangan stiker peraga pemilu sampai dengan persiapan lainnya .

Hal yang sama diakui oleh Markuat, Kepala lingkungan Parit Padang, di mana belum sampainya blangko C4 akan mempengaruhi kerja di masing - masing KPPS.

"Minimal C4 harus sudah diterima KPPS pada H-7 sebelum Pilpres, agar KPPS tidak tergesa - gesa mengisi undangan yang akan disampaikan kepada seluruh mata pilih," katanya.

Ia mengatakan, apalagi pada Pilpres ini banyak DPT tambahan yang sebelumnya tidak masuk DPT pada Pileg, sehingga nantinya mempengaruhi pada saat penyebaran undangan.

"Sekarang banyak pemilih pemula yang masuk DPT dan belum diketahui jelas alamatnya," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009