Makassar (ANTARA News) - Ratusan relawan Mega-Prabowo, SBY-Boediono dan JK-Win menertibkan atribut-atribut kampanye yang tersebar dalam wilayah kota Makassar sebelum pihak Panwaslu mengambilnya.

Penertiban yang dimulai sejak pukul 20.00 Wita Sabtu dilakukan oleh ratusan relawan Megawati Soekarno Putri-Prabowo (Mega-Prabowo), Soesilo Bambang Yudhoyono-Boediono (SBY-Boedi) dan Jusuf Kalla-Wiranto (JK-Win) yang tersebar dalam wilayah Makassar

Dari pantauan di jalan-jalan protokol, seperti jalan AP Pettarani, Jalan Sultan Alauddin, Jalan Urip Sumiharjo, Jalan Perintis Kemerdekaan, hingga tengah kota, komunitas relawan ini nampak menurunkan berbagai macam atribut sebelum tim Panwaslu menertibkannya

"Sebelum diambil i Panwaslu kami membersihkannya sendiri, " kata relawan dari komunitas C27 untuk JK-Win, Hasanuddin

Menurut Dia, tempat pukul 00.00 Wita malam ini Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar akan menertibkan dan menyita semua atribut-atribut kampanye.

Para relawan ini tersebar ke barbagai titik-titik yang terdapat panjangan atribut kampanye baliho berbagai ukuran, spanduk, reklame, poster, dan atribut berbagai ukuran kecil lainnya.

Relawan JK-Win yang ditemukan mengungkapakn jika menertibkan ini merupakan tim yang juga memasangnya sebelumnya yang dipasang diberbagai tempat, seperti dipinggir jalan, pohon, tiang listrik, tembok-tembok dan pos-pos relawan.

"Relawan yang menurunkan atribut ini adalah orang yang dulunya yang memasang, jadi dia tahu betul titik-titik pemasangannya, " kata Hasanuddin, saat ditemui di jalan Pettarani

Ketua Panwaslu Makassar, Abdul Haeba Ramli juga datang memantau menurunan baliho semua pasangan Calon presidan-Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) di depan kantor DPRD Kota Makassar, jalan Pettarani.

"Penurunan atribut kampanye Pilpres ini bukan tugas dari Panwas, melainkan tugas tim relawan sesuai kesepakatan dengan tim-tim pemenangan, sebagaimana diatur dalam UU Pemilu, " tegas Haeba. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009