Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dengan tim kampanye ketiga pasangan capres dan cawapres mulai memeriksa ulang atau menyisir kembali Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres.

Pemeriksaan bersama ini dilaksanakan di ruang rapat utama Gedung KPU lantai dua, Jakarta, Senin malam.

Dari pengamatan ANTARA, tim kampanye pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto sedang menyiapkan peralatan seperti komputer yang akan digunakan untuk memeriksa ulang DPT.

"Kita dukung dengan 100 komputer kami untuk menyisir DPT. Kami juga menyediakan perangkat lunak untuk memeriksanya," kata anggota tim kampanye Mega-Prabowo, Arif Wibowo.

Pemeriksaan dilaksanakan malam ini juga setelah persiapan peralatan selesai.

Secara terpisah, anggota KPU Sri Nuryanti mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin memeriksa ulang DPT bersama dengan tim kampanye ketiga pasangan kandidat.

"Kita akan menyisir data itu sampai besok pagi. Apabila ditemukan ada yang ganda, langsung kita coret," katanya.

Ia mengatakan, setelah diperiksa ulang data tersebut harus dicocokkan dengan data di daerah karena kemungkinan data tersebut telah diperbaiki oleh petugas di daerah.

"Bisa jadi yang di daerah justru sudah diperbarui," katanya.

Menurut Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih ini, KPU selalu mendapatkan laporan dari KPU provinsi dan kabupaten/kota bahwa data pemilih telah dimutakhirkan, namun saat rekapitulasi data pemilih itu mungkin tercecer karena permasalahan sistem yang digunakan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009