Jakarta (ANTARA News) - Duapuluh lima film berkualitas dari 18 negara dengan tema pertemanan, kekeluargaan, maupun impian bersekolah, akan dilombakan dalam Festival Film Internasional KidsFfest di Jakarta 17 hingga 26 Juli mendatang.

Ketua KidsFfest Nia Dinata di Jakarta Selasa mengatakan, penyelenggaraan festival film anak internasional berawal dari keprihatinan karena minimnya film tentang anak yang diputar di bioskop.

"Melalui ajang KidsFfest anak-anak Indonesia bisa belajar banyak memperluas wawasannya tentang berbagai negara dan masyarakatnya. Anak-anak berhak untuk bermimpi, mengembangkan daya imajinasinya dan berkreasi lewat nonton film berkualitas dari berbagai negara," kata Nia.

Ke-25 film yang berdurasi sekitar 70-180 menit itu dapat ditonton anak-anak di bioskop Blitz Grand Indonesia dan Pondok Indah 21. Film tersebut berasal dari Iran, Meksiko, Thailand, Malaysia, Singapura, China, Jepang, Belanda, Jerman, Swedia, Perancis, Australia, Finlandia, Italia, Denmark dan Amerika Serikat.

Film `The Three Robers`, sebuah film animasi dari Jerman yang mendapat penghargaan Chicago International Children`s Film Festival akan membuka festival. Sementara pada penutupan akan diputar film animasi 3-D `Meraih Mimpi`.

Menurut Nia, dalam festival nanti juga akan diputar sembilan film pendek karya anak-anak Indonesia yang dibuat saat workshop bulan April-Mei lalu yang diikuti 100 anak.

Dalam festival nanti, anak-anak juga akan dilibatkan sebagai juri yang akan memilih film terbaik dari enam film. Film-film terbaik tersebut yaitu Geng: The Adventure Begins (Malaysia), The Happiness of Kati (Thailand), The Letter for the King (Belanda), Mia & The Miggo (Perancis), Niko & The Way to the Stars (Finlandia) dan Teo`s Voyage (Meksiko).

Juri terdiri dari Sabila Duhita dan Muara Mayong Surolaksono dari Jakarta, Afri Rizky dari Aceh, agatha Amadea dari Sidoarjo, Pratama Rachmat Wijaya dari Surakarta, Daniel Kawalo dari Ambarawa dan Thariq Ramadhan dari Padang.

Nia mengatakan, kegiatan festival film anak internasional yang pertama ini terselenggara karena dukungan pihak sponsor seperti Badan PBB yang menangani urusan anak-anak (UNICEF), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Asuransi Manulife, Lifebuoy da Paddle Pop serta FedEx.

Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2009. Adapun pemenang tiga film terbaik karya anak-anak Indonesia akan mendapatkan hadiah dari Britama Junio. Sementara pada malam penutupan acara festival ini akan digelar tayangan layar tancap dengan mengundang 500 anak jalanan di kota Jakarta. (*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009