Surabaya (ANTARA News) - Operator telekomunikasi Indosat mengalami kenaikan trafik suara dan SMS saat hari-H Pemilihan Umum Presiden Tahun 2009 (8/7), kenaikan tersebut telah diimbanginya dengan kesiapan jaringan yang optimal.

"Division Head Public Relations" Indosat, Adita Irawati, menjelaskan, saat itu, trafik suara mengalami kenaikan trafik sebesar 33,46 persen dibandingkan dengan trafik hari biasa pada awal Juni 2009. Untuk trafik SMS, kenaikannya mulai terjadi pada beberapa hari menjelang Pemilu Presiden 2009.

"Trafiknya naik 10,32 persen dibandingkan dengan trafik hari biasa di awal Juni 2009, dengan total volume SMS pada hari tersebut 242,8 juta SMS," katanya di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, pihaknya telah secara berkala mempersiapkan kondisi jaringan telekomunikasinya sejak awal tahun guna menghadapi kebutuhan saat masa sibuk trafik telekomunikasi selama satu tahun ke depan, seperti saat hari raya (Lebaran, Natal, Tahun Baru), liburan sekolah, liburan akhir tahun, termasuk ketika acara besar berskala nasional seperti Pemilu Presiden 2009.

"Apalagi, kondisi jaringan menjelang hari-H Pemilu Presiden 8 Juli 2009 sudah mulai menunjukkan kenaikan trafik, baik trafik suara maupun SMS," ujarnya.

Mengenai tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat saat Pemilu Presiden 2009, dia, mencapai 94,3 persen. Berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal di jaringan Indosat.

"Sementara, tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke operator lain saat itu mencapai 94,07 persen, walaupun terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator," katanya.

Di samping itu, sebut dia, untuk trafik data (2G dan 3G), terlihat peningkatan trafik yang terus berlanjut setiap hari. Trafik harian pada saat itu mencapai 14,6 terabyte per hari.

"Kondisi ini meningkat 13,53 persen jika dibandingkan trafik data pada awal Juni 2009," katanya.

Ia menilai, lonjakan trafik telekomunikasi terjadi hampir merata di semua wilayah. Kenaikan tertinggi terjadi di beberapa tempat berturut-turut antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

"Kami terus berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan selama masa Pemilu Presiden 2009 yang juga bertepatan dengan liburan sekolah. Kami berharap pelanggan dapat menikmati akses layanan telekomunikasi kapanpun dan dimanapun dengan nyaman dan lancar," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009