Tarbes, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pembalap Italia, Rinaldo Nocentini hari Minggu mempertahankan jaket kuning Tour de France, sementara pembalap Prancis, Pierrick Fedrigo, memenangi balapan etape kesembilan sejauh 160,5km dari Saint Gaudens ke Tarbes.

Fedrigo, dari tim Bbox-Bouygues, meraih kemenangan ketiga bagi tuan rumah di balapan tahun ini, setelah melakukan sprint melepaskan diri dari rekan serombongannya, Franco Pellizotti, menuju garis finis.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan kedua di balap sepeda terbesar di dunia tersebut, setelah kemenangan perdananya tahun 2006.

Rombongan utama yang terdiri atas pembalap favorit menyentuh garis finis 34 detik kemudian gagal menyusul pasangan di depannya di daerah turunan 70,1km dari puncak Col du Tournmalet ke Tarbes.

Di hari ketiga dan hari terakhir di Pyrenees dan menjelang hari istirahat pertama hari Senin, Nocentini mempertahankan keunggulan 06 detik dari juara 2007, Alberto Contador dari Spanyol.

Lance Armstrong, rekan satu tim Contador di Astana, masih menempati posisi ketiga di klasemen kejuaraan dengan 08 detik.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009