Manado (ANTARA News) - Dua pasien suspek flu babi, Senin, dibolehkan pulang setelah dinyatakan sehat oleh tim dokter Rumah Sakit Umum (RSU) Kandou yang merawat mereka, demikian Juru Bicara RSU Kandou Dietje Londa di Manado.

Kedua pasien yang dinyatakan sehat dan boleh pulang itu adalah ET (38) dan MT (15), ayah dan anak yang pertama dirawat di RSU Kandou.

Londa menjelaskan kedua pasien dirawat sejak Rabu 8 Juli 2009 dan langsung diisolasi di salah satu ruang dalam rumah sakit terbesar di kawasan timur Indonesia itu.

Mengenai hasil pemeriksaan laboratorium, ia mengatakan sampai kini rumah sakit belum menerimanya sehingga belum bisa dipastikan apakah keduanya positif terjangkiti virus H1N1.

Tetap keduanya dibolehkan pulang oleh dokter yang merawatnya karena dianggap sudah sembuh dan tidak akan menularkan penyakit.

Mereka segera dijemput keluarganya, sementara satu pasien yang masih tinggal di rumah sakit adalah RR, karena belum sembuh dan masih batuk.

Kerabat dekat RR yang dikonfirmasi mengakui ia belum bisa pulang karena menunggu sampai benar-benar sembuh agar tidak menyebarkan virus kepada orang lain.

"Ia masih batuk, jadi harus ditunggu sampai benar-benar pulih supaya tidak membahayakan," kata Erlangga, salah sahabat dekat RR. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009