Jakarta (ANTARA News) - Delegasi ASEAN yang sebagian besar setingkat direktur jenderal di departemen, akan membahas master plan (rencana induk) Information and Communication Technologies (ICT) kawasan itu di Yogyakarta pada 15 hingga 17 Juli ini.

"Pada tanggal 15 sampai dengan 17 Juli 2009 di Yogyakarta akan berlangsung ASEAN Special Telecommuniactions and Information Technology Senior Official Meeting (ASEAN Special TELSOM)," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Komunikasi dan Informasika, Gatot S. Dewa Broto, di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, dalam pertemuan itu akan dibahas beberapa hal di antaranya isu strategis penyusunan ASEAN ICT master Plan 2015, ASEAN Charter, dan ASEAN Economic Community Blueprint.

ASEAN Special TELSOM 2009 terdapat juga beberapa akan mengetengahkan tentang beberapa proyek prioritas 2009 - 2010 termasuk usulan Indonesia antara lain ASEAN Internet Exchange, Mobile Commerce, dan aksi diseminasi Green ICT.

"Pertemuan juga akan membahas tentang uji coba Security Models untuk implementasi VoIP based SIP, ASEAN e - Farmer, penggunaan teknologi BWA untuk meningkatkan produktivitas petani di pedesaan, IRUD NGN, dan content development dari sustainable telecenter di negara-negara ASEAN," katanya.

Gatot mengatakan, hasil-hasil pembahasan dalam ASEAN Special TELSOM 2009 tersebut setelah disetujui oleh para pimpinan delegasi akan dibahas kembali dan di-endorse oleh para Menteri Telekomunikasi dan ICT pada sidang "ASEAN Telecommunications and Information Technology Ministers Meeting" (ASEAN TELMIN ke-9) pada Oktober 2009 di Laos.

Sebelumnya, ASEAN Special TELSOM telah berlangsung pada 1 sampai 4 Juli 2008 di Manila, Filipina, yang kemudian dilanjutkan dengan TELSOM dan TELMIN pada 25 - 29 Agustus 2008 di Bali.

Sedangkan untuk TELSOM dan TELMIN pada 2009 akan berlangsung pada 12 - 16 Oktober 2009 di Vientien, Laos.

"Tidak seperti biasanya, sidang di Yogyakarta ini akan dihadiri oleh 40 anggota delegasi ASEAN yang lengkap dan berkekuatan penuh, termasuk para TELSOM Leader atau para Dirjen, terkecuali Brunei Darusalam yang berhalangan karena bertepatan dengan hari ulang tahunnya Raja Bolkiah serta Malaysia yang delegasinya tidak dipimpin oleh pejabat setingkat Dirjen," katanya.

Pada ASEAN Special TELSOM 2008 terdapat beberapa hal penting yang dibahas, yaitu tentang ASEAN ICT Fund and TELSOM Priority Projects, TELSOM Project Management, dan ASEAN Task Force for Digital Contents.

Pertemuan tahun lalu itu juga membicarakan tentang perkembangan ASEAN Charter dan dampaknya terhadap ASEAN, AEC and ASCC Blueprints and the ICT Scorecard, Vientiane Action Program and e-ASEAN Roadmap, Governing Council ASEAN ICT Centre, dan Cooperation with Dialogue Partners, dan persiapan-persiapan TELMIN 2008.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009