Manchester, Inggris (ANTARA News/AFP) - Sir Alex Ferguson menyatakan tawaran transfer Manchester United untuk musim panas ini berakhir seraya menyebut pasar transfer sekarang sudah tidak wajar.

Ferguson telah berusaha maksimal memanfaatkan dana besar 80 juta juta pounsterling (90 juta euro) yang diterima United dari Real Madrid ketika mendapatkan Cristiano Ronaldo.

Namun sebegitu jauh, dia hanya mendapatkan Michael Owen yang berada dalam posisi bebas transfer dan pemain Wigan Antonio Valencia serta Gabriel Obertan dari Bordeaux yang totalnya kurang dari 20 juta poundsterling.

Ferguson menegaskan tak akan ada transfer baru di Old Trafford untuk memperkuat skuad Juara Liga Premier ini sebelum jendela transfer ditutup akhir Agustus nanti.

United pernah meminang penyerang Prancis Karim Benzema, namun Ferguson tak siap bersaing dengan bandrol 35 juta pounsterling yang dipasang Lyon yang akhirnya jatuh ke tangan Real Madrid.

Nasib serupa dialami ketika berupaya mendapatkan pemain Bayern Munich' Franck Ribery. Ferguson lalu dikaitkan dengan rencana kepindahan pemain tengah Brazil berusia 18 tahun, Douglas Costa.

"Saya kira itu semua telah menyimpulkan upaya-upaya kami. Kami berada di tengah musim transfer yang sulit dimana nilai pemain sangat kecil," kata Ferguson.

"Nilai transfer yang ditawarkan aduhai sekali. Semua orang di Eropa dan Inggris melihat nilai para pemain telah meroket dan saya kira nilainya tidak realistis.

Ferguson menegaskan, keputusannya untuk membidik Owen terjadi setelah mendapat isyarat bahwa upayanya mendapatkan Benzema akan gagal.

"Kami berupaya mendapatkan Benzema, namun kami perhatikan nilainya melebihi apa yang kami perkirakan, dan jika klub lain membelinya ya itu urusan mereka, yang jelas kami harus mengukur transfer dengan pantas dan sesuai nilainya.

"Mungkin Lyon mengira kami merendahkan Benzema, namun mereka mendapatkan 42 juta euro untuknya dan mereka berhasil. Kesepakatan itu membuat kami menjadi masuk akal," tambah Ferguson. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009