Jakarta,  (ANTARA) - Kota Bogor yang masih dilanda hujan berpotensi untuk menambah luapan air menuju ke wilayah Jakarta padahal status Pintu Air Manggarai di Jakarta Selatan, Kamis pagi, masih berstatus tahap Siaga II.

"Keadaan cuaca di Pintu Air Katulampa Bogor sekarang hujan," kata penjaga Pintu Air Manggarai, Dion, Jakarta, Kamis pagi.

Dion yang dihubungi pada sekitar pukul 09.30 WIB itu tidak menjelaskan secara terperinci apakah hujan yang jaruh di Bogor merupakan hujan deras atau hanya hujan ringan.

Sedangkan keadaan cuaca di Pintu Air Depok dan Manggarai, lanjutnya, saat ini dalam kondisi mendung.

Sementara ketinggian air di Pintu Air Manggarai adalah 865 cm sehingga masih berada dalam status Siaga II atau berada di atas 850 cm.

Ketinggian tersebut masih jatuh di atas ambang batas normal dari Pintu Air Manggarai yang berada di titik 750 cm.

Kondisi di atas ambang batas normal juga dialami baik oleh Pintu Air Depok maupun Pintu Air Katulampa, Bogor.

Di Depok, ketinggiannya adalah 220 cm (ambang batas normal 200 cm), dan di Katulampa Bogor mencapai 100 cm (ambang batas normal 80 cm).

Sebelumnya, ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta, pada Kamis (15/1) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB mencapai 840 cm.

Sementara itu, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa wilayah ibukota masih akan diterpa hujan dengan intensitas tinggi hingga rendah, yang berarti Jakarta masih berpotensi diguyur hujan lebat.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009