Jakarta (ANTARA News) - Vokalis kenamaan Indonesia, Ahmad Dhani mengusulkan pemilihan umum (pemilu) mendatang tidak perlu mengenal kata rahasia, sehingga terhindar dari kecurangan.

"Saat ini, siapa memilih siapa tidak diketahui, maka yang muncul kecurigaan terjadi kecurangan, karena sulit pembuktiannya," kata vokalis grup band The Rock di Jakarta, Selasa.

Seandainya secara transparan masing-masing pemilih dapat diketahui memilih jagoan mana, maka pasangan yang maju sebagai calon, pasti legowo mengakui kekalahan.

"Sistem langsung umum bebas sudah baik, hanya rahasianya yang perlu dipertimbangkan kembali," kata Ahmad Dhani yang juga vokalis grup band Dewa tersebut.

Ia mengaku kecewa dengan banyaknya komplain yang dilakukan terutama oleh pasangan yang kalah dalam pemilu.

"Ini opini saya, yang mungkin dapat dipertimbangkan dalam upaya menciptakan pemilu yang transparan dan damai," katanya.

Dalam pemilu yang masih ada rahasia, maka pasti kecurangan berpotensi terjadi, sebab ada yang ditutupi, tetapi bila itu dihilangkan maka ratusan juta pemilih di Indonesia bisa melihat hasilnya secara terbuka.

Sistem pemilu yang tidak rahasia ini, maka pemilu dengan sendirinya akan menjadi bersih, jujur dan adil sebagaimana harapan rakyat Indonesia.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009