Jakarta (ANTARA) -
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 PT Timah Tbk mengangkat Ahmad Dani Virsa sebagai Direktur Utama (Dirut) menggantikan Achmad Ardianto yang terpilih sebagai Direktur Sumber Daya Manusia PT Aneka Tambang (Antam).
 
Selain Dirut, beberapa susunan direksi juga berubah yakni Purwoko yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasi dan Produksi digantikan oleh Nur Adi Kuncoro, Direktur Sumber Daya Manusia Yennita digantikan oleh Tigor Pangaribuan dan Direktur Pengembangan Usaha Alwin Albar digantikan oleh Koko Wigyantoro, sedangkan Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko tetap dijabat oleh Vina Eliani.
 
"Dengan demikian ada empat direksi yang baru di PT Timah," kata Sekretaris Perusahaan PT Timah Abdullah Umar dalam konferensi pers RUPST Tahun Buku 2022 PT Timah di Jakarta, Kamis.
 
Selain jajaran direksi, Abdullah mengungkapkan RUPST juga menetapkan pengurus baru di jajaran komisaris PT Timah. Komisaris Utama tetap dipercayakan kepada Alfan Baharudin, sementara Komisaris Independen dipercayakan kepada Agus Rajani Panjaitan, posisi Komisaris dipercayakan kepada Yudo Dwinanda Priaadi, Rustam Effendi, dan Sufyan Syarif.
 
Sebelumnya, terdapat enam jajaran Komisaris PT Timah, namun saat ini berkurang menjadi lima orang lantaran Danny Praditya yang sempat menjadi salah satu Komisaris Independen PT Timah telah ditunjuk menjadi Dirut PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).
 
Terkait perubahan manajemen emiten bersandi TINS ini, Abdullah menyampaikan bahwa perubahan dan penyesuaian pengurus di tubuh TINS merupakan sesuatu yang biasa dimana pemilihan pengurus TINS merupakan domain pemegang saham, yang pasti sudah memiliki pertimbangan matang dalam menentukan sosok-sosok yang akan memimpin kinerja PT Timah ke depan.
 
Dalam setiap emiten, pergantian pengurus oleh pemegang saham merupakan hal yang biasa, apalagi tujuannya untuk penyegaran dan peningkatan kinerja.
 
"Semoga dengan komposisi pengurus yang baru dapat membawa perusahaan untuk lebih baik lagi ke depan yang diprediksi semakin dinamis dan kompetitif,” ucap dia.

Baca juga: PT Timah bukukan laba bersih Rp1,04 triliun tahun 2022
Baca juga: PT Timah setor pajak dan PNBP Rp1,19 triliun
Baca juga: PT Timah akan membagikan dividen 35 persen dari laba bersih

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023