Beijing,(ANTARA/ News) - Pemain centre NBA All-Star, Shaquille O`Neal, menyatakan ingin menerapkan gerakan bela diri kung fu ke lapangan bola basket.

Ia mengungkapkan hal itu ketika berkunjung ke Kelenteng Shaolin China --tempat kelahiran olah raga bela diri kung fu.

"Ketika saya kecil, saya sudah menyaksikan penampilan para pemain kung fu Shaolin," kata O`Neal kepada Titan Sports, harian olahraga terbesar China, ketika ia berkunjung ke kelenteng di pusat kota Provinsi Henan, Senin.

"Saya selalu ingin tahu apakah kung fu Shaolin itu benar atau tidak. Sekarang akhirnya saya tahu --kung fu Shaolin China yang selalu saya saksikan di televisi itu benar-benar ada," kata pemain empat kali juara NBA dalam pernyataannya yang diterjemahkan ke dalam bahasa China.

"Bila nanti saya pulang saya akan mempelajari ini dan berharap dapat menerapkannya di lapangan bola basket," katanya.

O`Neal --yang pada awal bulan ini menandatangani kontrak bermain bersama LeBron James di Cleveland Cavaliers-- beberapa kali berkunjung ke China.

O`Neal, pemain yang di China dikenal dengan nama "Big Shark" (Hiu Besar) yang kini berusia 37 tahun itu, sudah berlatih ilmu bela diri itu dalam beberapa tahun setiap akhir musim pertandingan.

Senin, ia bertemu dengan beberapa biarawan ternama dan menyaksikan beberapa pendekar kung fu yang sedang berlatih.

"Saya amat tertarik dengan gaya naga kung fu," katanya seperti dikutip Titan.

"Bila saya pensiun, saya ingin datang lagi ke Shaolin Temple untuk berlatih selama setahun. Datang ke sini hanya sekali rasanya tidak cukup," katanya.

Dalam siaran televisi nasional kelihatan O`Neil sedang dikerubungi orang dan ia memperagakan gerakan naga kung fu, demikian dikutip dari AFP.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009