St Fargeau, Prancis (ANTARA News/Reuters) - Mark Cavendish memenangi etape ke sebelas Tour de France, Rabu, menyamai rekor delapan kemenangan yang dipegang pembalap Inggris Barry Hoban pada ajang balap sepeda terbesar di dunia itu.

Cavendish mengungguli pembalap Amerika Tyler Farrar dan Yauheni Hutarovich dari Belarusia dalam sprint menjelang akhir balapan sejauh 192km dari Vatan hingga St Fargeau, untuk meraih kemenangan keempat dia pada kejuaraan tahun ini.

Hoban memenangi delapan etape dari tahun 1967 hingga 1975, yang terakhir ketika ia berusia 35 tahun, sementara Cavendish yang masih berusia 24 tahun sedang ambil bagian dalam kejuaraan itu untuk keduakalinya.

Pembalap Italia, Rinaldo Nocentini mempertahankan Kaus Kuning tanda pemimpin klasemen umum pembalap, dengan selisih enam detik dari pembalap Spanyol, Alberto Contandor, sedang posisi ketiga adalah pembalap Amerika Lance Armstrong dengan selisih delapan detik.

Posisi Bradley Wiggins, pembalap asal Inggris Raya merosot ke peringkat kelima setelah para juri memutuskan untuk membatalkan selisih 15 detik antara dua kelompok pembalap pada akhir etape hari Selasa.

Etape hari Rabu diwarnai dengan dua insiden tabrakan di awal balapan yang membuat pembalap Belgia, Van Summeren dan pembalap Polandia, Marcin Sapa bisa melesat ke depan setelah 24km.

Kedua pembalap tersebut tercatat sempat unggul empat menit 35 detik, sebelum para sprinter di tim menggunakan kekuatan mereka untuk menangkap kedua pembalap itu.

Rekan-rekan setim Columbia Cavendish merancang keunggulan sempurna bagi sprinter mereka itu, menahan laju Farrar, dan merebut Kaus Hijau untuk klasemen poin dari Thor Hushovd asal Norwegia.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009