Vittel (ANTARA News/Reuters) - Pembalap Denmark, Nicki Sorensenmenjuarai etape ke-12 Tour de France, suatu balapan yang menempuh jarak 211,5km dari Tonnerre ke Vittel, Kamis.

Pembalap dari tim Saxo Bank itu menyerang dua kali di final tersebut untuk mengalahkan Laurent Lefevre dari Prancis dan Franco Pellizotti dari Italia, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga, 48 detik di belakang Sorensen.

Pembalap Italia, Rinaldo Nocentini, mempertahankan jaket kuning yang merupakan labang pimpinan balapan secara umum, mengungguli pembalap Spanyol, Alberto Contador dan Lance Armstrong, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Sorensen melepaskan diri dari rombongan tujuh orang di tanda 64km untuk segera meraih keunggulan empat menit -- dan ia membuktikan sebagai yang terkuat dalam rombongan tersebut.

"Saya sangat gembra, inilah sesuatu yang saya sangat harapkan. Saya beruntung memenangi etape ini," kata Sorensen (34).

"Saya tidak mempunyai banyak kesempatan, tetapi hari ini saya menang," katanya.

Andy Schleck dan Cadel Evans juga berusaha memperoleh keberuntungan mereka di awal etape tersebut, tetapi mereka terkekang dalam rombongan tersebut.

Ban sepede Lance Armstrong bocor setelah 150km, tetapi juara tujuh kali tersebut segera kembali bergabung dengan empat rekan satu timnya setelah ia mengganti roda belakang sepedanya.

Tim Astananya mengalami pukulan berat ketika pembalap Amerika, Leipheimer, yang menempati posisi keempat, mengalami kecelakaan menjelang akhir etape tersebut.

Leiphemeir mengalami luka memar di paha kirinya, kata jurubicara Astana, Philippe Maertens.

"Ia langsung ke hotel, ia tampak tidak senang," katanya.

Pembalap Australia, Cadel Evans, runner-up di dua terakhir Tour tersebut, juga jatuh dari sepedanya dalam keadaan serupa.

Sorensen dan Sylvain Calzati menyerang rombongan yang melepaskan diri tersebut di 22km terakhir. Kedua pembalap tersebut terus melaju dengan selisih jarak enam menit dari rombongan tersebut, dan Sorensen melaju sendirian di 5,5km dari garis finis.

Mark Cavendish dari Inggris finis di posisi kedelapan, sementara ia memenangi sprint rombongan itu di depan pembalap Norwegia, Thor Hushovd.

Etape ke-13 hari Jumat akan menempuh jarak 209km ke Colmar dengan menempuh jalan tanjakan ke Col du Platzerwasel.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009