Kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi COVID-19 dan sebagai wujud kehadiran dan kepedulian BULOG terhadap bencana ini
Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog siap membagikan bantuan sosial (bansos) senilai Rp2 miliar kepada masyarakat bawah yang terkena dampak langsung wabah COVID-19 berupa sembako, makanan gratis serta bantuan untuk beberapa rumah sakit, seperti masker dan Alat Pelindung Diri (APD).

Dirut Perum BULOG Budi Waseso di Jakarta, Jum'at, mengatakan penyaluran bansos melalui program bakti sosial bernama "’53dekah, 53mbako dan 53hati’" dalam rangka HUT ke-53 Bulog yang jatuh pada 10 Mei 2020 itu salah satunya dengan melibatkan warteg dalam menyalurkan makanan gratis.

"Kegiatan bakti sosial ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi COVID-19 dan sebagai wujud kehadiran dan kepedulian BULOG terhadap bencana ini," katanya melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Mensos: Pemprov DKI janjikan data baru penerima bansos pekan ini

Program pemberian makanan gratis dilaksanakan dengan memberdayakan 53 warung makan (warteg) selama lima hari dengan memberikan makanan dan minum gratis untuk dibawa pulang oleh masyarakat berpenghasilan rendah seperti tukang ojek dan petugas kebersihan.

Puncak acara HUT Bulog akan berlangsung pada 11 Mei 2020 namun kegiatan sosial sudah berjalan sejak Rabu (6/5) ke sejumlah rumah sakit untuk membagikan masker dan perlengkapan APD yang ditujukan bagi dokter dan pekerja medis lainnya.

Pemberian APD dan masker akan diserahkan kepada enam rumah sakit khusus penanganan COVID-19 di Jakarta.

Selanjutnya pemberian paket sembako akan diberikan kepada masyarakat terdampak langsung akibat pandemi COVID-19 yaitu difokuskan pada ojek online, masyarakat yang kena PHK, kaum dhuafa, buruh, cleaning service, dan satpam/driver di lingkungan Perum Bulog.

Baca juga: Ridwan Kamil soroti data bantuan tak sinkron antara pusat dan daerah





 

Pewarta: Subagyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020