Magelang, (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso menyatakan, akan mempercepat kunjungan ke Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, dan kembali ke Jakarta menyusul ledakan di dua hotel di ibu kota, Jakarta, pada Jumat (17/7).

"Saya akan segera kembali (ke Jakarta,red)," katanya usai memimpin Prasetia Perwira Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) Prajurit Karier (PK) TNI Tahun Ajaran 2009, di Lapangan Sapta Marga, Kompleks Akmil, lembah Gunung Tidar, Kota Magelang, Jateng, Jumat.

Ia mengatakan, TNI siap membantu jajaran kepolisian untuk penanganan peristiwa ledakan dalam waktu hampir bersamaan di Hotel Ritz-Carlton dan Hotel JW Marriott, Jakarta itu.

Puluhan orang luka-luka dan sejumlah orang lainnya tewas akibat peristiwa itu. Mereka menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Ia mengatakan, aparat sedang melakukan penyelidikan atas peristiwa itu. "Sekarang masih dalam penyelidikan dan yang di depan polisi, kita membantu," katanya.

Ia menyatakan tidak ingin berspekulasi atas peristiwa itu. "Belum tahu apa karena terorisme, saya tidak mau spekulasi, saya di sini, ada berita dari sana (Jakarta,red), setelah acara di sini saya segera kembali ke Jakarta," katanya.

Djoko menyatakan membatalkan kunjungan ke Solo dan Kudus yang rencananya dilakukannya setelah selesai kegiatan di Akmil itu.

Djoko meninggalkan Akmil untuk menuju Jakarta sekitar pukul 11:00 WIB setelah sejak sekitar pukul 09:00 WIB memimpin Prasetia Perwira Dikmapa PK TNI yang diikuti 260 lulusan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009