Warga Banda Aceh diimbau waspada banjir akibat intensitas hujan tinggi

Warga Banda Aceh diimbau waspada banjir akibat intensitas hujan tinggi

Banjir akibat intensitas hujan tinggi yang menggenangi Jalan KH Ahmad Dahlan di kawasan Pasar Aceh, Kota Banda Aceh, Jumat (8/5/2020). (ANTARA/Khalis)

Kita perlu waspada hujan deras yang mengakibatkan banjir di kota kita ini
Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengimbau warga mewaspadai bencana banjir akibat tingginya intensitas hujan di ibukota Provinsi Aceh tersebut sejak Kamis (7/5). 

"Kita perlu waspada hujan deras yang mengakibatkan banjir di kota kita ini," kata Aminullah saat meninjau beberapa lokasi banjir di Banda Aceh, Jumat. 

Baca juga: Sejumlah gampong di Banda Aceh dilanda banjir

Ia menyebutkan secara umum fungsi drainase di Kota Banda Aceh berjalan dengan baik. Namun karena intensitas hujan yang tinggi, air sungai meluap, sekaligus air pasang maka di luar kapasitas drainase tersebut.

"Seperti di Simpang Neusu selama ini tidak banjir lagi. Maka kita berharap kepada warga tetap waspada, siaga dengan baik, kalau hujan selamatkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi," katanya.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banda Aceh menyebutkan banjir luapan yang melanda ibukota sejak pagi tersebut, merendam sejumlah wilayah seperti desa Lampaseh dan Merduati di Kecamatan Kuta Raja.

Kemudian, Desa Blang Oi Kecamatan Meuraxa, desa Neusu dan Peuniti Kecamatan Baiturrahman, desa Doy Kecamatan Ulee Kareng, dan desa Batoh Kecamayan Lueng Bata.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Aceh Besar siapkan evakuasi korban banjir

Selain itu juga menggenangi sejumlah ruas jalan seperti di Jalan Muhammad Jam, Jalan Tgk Panglima Nyak Makam, Jalan KH Ahmad Dahlan di Pasar Aceh dan sejumlah lokasi lainnya.

Hingga sekarang, hujan masih mengguyur Kota Banda Aceh. Debit air banjir luapan tersebut belum surut. Sejumlah masyarakat kota bergotong royong membersihkan saluran got dengan harapan agar air merendam rumah mereka segera surut.

Badan Meotorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Blang Bintang Banda Aceh, mengingatkan warga Aceh untuk tetap waspada banjir akibat hujan deras yang melanda beberapa wilayah di Tanah Rencong, hingga tiga hari ke depan.

Baca juga: Hujan deras sebabkan banjir di sejumlah tempat di Kota Banda Aceh

"Kita perkirakan hujan masih berlanjut hingga tiga hari ke depan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang Banda Aceh, Zakaria di Aceh Besar.

"Begitu juga juga untuk para nelayan dan penyedia jasa penyeberangan agar hati-hati dalam melaut karena gelombang masih tinggi. Sediakan alat keselamatan atau pelampung yang memadai," ujarnya.

Baca juga: Banjir landa sejumlah kawasan di Aceh Besar

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Akademisi tanggapi sanksi baca Alquran bagi pelanggar protokol kesehatan di Aceh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar