Jember (ANTARA News) - Kereta api (KA) kelas ekonomi Probowangi jurusan Banyuwangi-Probolinggo anjlok di perbatasan Kecamatan Kalisat dan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat sore.

Humas PT KA Daerah Operasi IX Jember, Hariyanto, mengatakan, rangkaian gerbong paling belakang KA Probowangi anjlok di kilometer (KM) 6 antara Kecamatan Kalisat dan Ledokombo.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian anjloknya KA Probowangi yang membawa penumpang sekitar 276 penumpang dari Banyuwangi menuju ke Probolinggo," kata Hariyanto.

Menurut dia, penumpang KA tetap bisa meneruskan perjalanan karena petugas melepas satu gerbong yang anjlok, sedangkan rangkaian gerbong yang lain tetap melanjutkan perjalanan ke Probolinggo.

"Petugas terpaksa melepas satu gerbong yang anjlok agar perjalanan penumpang menuju Probolinggo tidak terganggu," katanya.

Jumlah penumpang dalam gerbong yang anjlok, kata dia, sebanyak 50 orang dan mereka diminta untuk pindah ke rangkaian gerbong lainnya supaya bisa melanjutkan perjalanan ke Probolinggo.

"Puluhan penumpang akhirnya dievakuasi untuk naik ke gerbong KA Probowangi yang lain," katanya.

Sejauh ini, kata dia, hasil pemeriksaan sementara rangkaian KA yang anjlok karena satu as dan satu roda patah sehingga keluar jalur dan KA tersebut berhenti di KM 6.

"Petugas masih melakukan evakuasi terhadap rangkaian KA yang anjlok hingga Jumat malam," katanya.

Petugas PT KA Daop IX Jember, kata dia, belum bisa memastikan penyebab anjloknya KA Probowangi karena petugas masih menyelidiki penyebab patahnya satu as dan satu roda KA Probowangi tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009