Banda Aceh (ANTARA) - Personel di jajaran Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Aceh diperintahkan siaga menyusul banjir yang melanda sejumlah wilayah di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Kami perintahkan semua personel siaga. Beberapa wilayah, seperti di Banda Aceh dan Aceh sudah dilanda banjir. Beri bantuan kepada masyarakat," kata Direktur Polisi Air dan Udara Polda Aceh Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro di Banda Aceh, Jumat.

Baca juga: Bupati Aceh Besar instruksikan camat siaga banjir

Baca juga: Warga Banda Aceh diimbau waspada banjir akibat intensitas hujan tinggi

Baca juga: Banjir setengah meter rendam tiga desa di Aceh Selatan


Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro menyebutkan pihaknya sudah membagi tugas kewilayahan membantu masyarakat terdampak banjir. Ada personel yang ditugaskan setiap wilayah.

"Setiap personel harus terus memantau kondisi terakhir di wilayah masing-masing, sehingga jika masyarakat membutuhkan bantuan bisa langsung melakukannya," kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

Begitu juga dengan di tingkat kepolisian resor, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro juga memerintahkan para kepala satuan menggelar apel kesiapan serta melakukan patroli kesiagaan di wilayah tugas masing-masing.

"Pantau terus menerus setiap wilayah tugas. Laporan setiap perkembangan situasi, sehingga diketahui apa kebutuhan masyarakat. Lakukan kegiatan SAR bila masyarakat memerlukannya," kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro menyebutkan Ditpolairud Polda Aceh juga menyiapkan peralatan SAR seperti perahu karet jika masyarakat terdampak membutuhkan evakuasi.

"Kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir, mengingat hujan deras yang terus berkepanjangan," kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020