Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 10 kabupaten/kota di Indonesia pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2009 akan menerima penghargaan sebagai "kota layak anak" dari pemerintah.

Ketua Pelaksana Harian Panitia HAN 2009 Suryadi Soeparman di Jakarta, Senin, mengatakan, 10 kabupaten/kota itu dianggap berhasil mengintegrasikan pembangunan daerah untuk mewujudkan pemenuhan hak anak.

"Pembangunan di 10 kabupaten/kota itu memenuhi kriteria seperti pembangunan sarana pendidikan, kesehatan dan perlindungan anak," katanya.

Rencananya, kata Suryadi, peringatan HAN 2009 digelar di Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol dan dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pengembangan kota layak anak bervariasi di tiap kabupaten/kota, sesuai dengan potensi mereka," katanya.

Suryadi mencontohkan pembangunan di sektor pendidikan seperti penyediaan rumah pintar, mobil pintar, dan sarana pengasuhan anak usia dini.

"Kabupaten/kota juga harus menyediakan sarana air bersih dan sanitasi yang layak bagi anak-anak," katanya.

Bersamaan dengan puncak acara HAN pada 23 Juli mendatang, kata Suryadi, juga akan dicanangkan program bike to school (bersepeda ke sekolah) oleh Presiden.

"Pencanangan itu untuk menggugah masyarakat, khususnya anak-anak untuk berperan serta dalam meminimalisir dampak pemanasan global dan polusi udara," katanya.

Penerapan kesadaran lingkungan sejak dini itu juga dimaksudkan untuk memopulerkan kembali bersepeda ke sekolah.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009