Johannesburg (ANTARA News/AFP) - FIFA pada Senin membuka lamaran bagi 15.000 relawan di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, dan itu membuka kesempatan bagi pendukung untuk ambil bagian dalam menyaksikan event olahraga terbesar dunia itu.

Koordinator relawan Onke Mjo memperkirakan akan mendapati sebanyak 100.000 orang yang akan melamar untuk menjadi relawan di Piala Dunia.

"Akan ada perasaan komitmen dan berbagi visi serta kerja bersama," kata ketua panitia lokal Danny Jordaan.

"Itu permintaan yang besar dan kami bertanya kepada para relawan dan mereka mengatakan akan melakukan itu dengan sebuah senyuman," tambahnya.

Seorang pelajar yang pernah menjadi relawan di Piala Konfederasi mengatakan itu sebuah pertukaran pengalaman hidup.

"Sebagai warga Afrika Selatan kami ingin terlibat masuk Piala Dunia yang berarti kami-kami ini seperti sebuah negara, dan bukan menjadi Xhosa, Zulu, Afrika atau Inggris....kami adalah satu," katanya.

"Ini secara total keluar dari dunia ini, perlu diketahui bahwa saya sebagai seorang pribadi telah menyumbang bagi suksesnya Piala Konfederasi,` kata relawan bagian media FIFA Busisiwe Mokwena.

Seorang relawan paling tidak telah berusia 18 tahun dan bisa berbahasa Inggris.

Panitia sedang mencari 80 persen relawan dari Afrika Selatan dan 10 persen dari negara-negara Afrika lainnya dan 10 persen lagi dari negara luar Afrika.

"Mulai dari penerima tamu, pembantu media dan penterjemah bahasa asing, serta penyambut di bandara dan pengemudi, merupakan relawan yang harus memahami tentang Piala Dunia," tambahnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009