Barcelona, Spanyol (ANTARA News/AFP) - Pelatih Barcelona, Josep Guardiola, hari Senin mengakui bahwa akan lebih baik bila pemain penyerang Kamerun, Samuel Eto`o, yang dikaitkan dengan kepindahan ke Inter Milan, akan meninggalkan klub Spanyol tersebut.

"Saya sepenuhnya menyadari bahwa orang akan bertanya mengapa?. Setiap orang tahu tidak ada alasan "sepak bola". Jadi mengapa? Ini merupakan masalah perasaan," kata Guardiola pada konferensi pers saat Barcelona memulai latihan.

"Saya merasa bahwa ini merupakan yang terbaik bagi tim, bagi klub, tetapi saya tidak takut untuk mengatakan bahwa itu yang terbaik bagi Samuel Eto`o. Saya sangat berterima kasih kepada Samuel Eto`o, bukan untuk tahun ini, tetapi untuk selama lima tahun ia tinggal di sini.

"Tugas pelatih bukan untuk mengubah personalitas para pemain, tetapi tugas saya adalah menentukan siapa yang akan bekerja sama. Itulah tanggung jawab saya dan saya kira kami perlu mengubah sesuatu."

Eto`o dewasa ini sedang berunding dengan Inter Milan sebagai bagian dari suatu perjanjan yang diusulkan yang akan membawanya pindah ke klub itu, sementara pemain penyerang Italia itu, Zlatan Ibrahimovic dari Swedia akan pindah ke Barcelona.

Menurut laporan pers Spanyol, perjanjian yang bernilai sekitar 45 juta euro ditambah Eto`o itu telah disetujui, dengan pemain penyerang Kamerun itu menuntut gaji di Italia hanya masalah yang masih bisa diselesaikan.

"Saat ini Eto`o adalah pemain Barcelona, kami akan melihat bagaimana situasi yang akan terjadi," kata Guardiola.

Pada saat Guardiola menggantikan Frank Rijkaard tahun lalu, ia menjelaskan bahwa ia menginginkan Eto`o bersama Ronaldinho dan Deco pergi, dilaporkan karena masalah-masalah yang ditimbulkan pemain Afrika itu di kamar ganti.

Ronaldinho dijual ke AC Milan, Deco pergi ke Chelsea, tetapi Eto`o tetap berada di klub tersebut karena Barcelona tidak menerima tawaran yang meyakinkan untuk membelinya.

Pemain berusia 28 tahun itu, yang bergabung dengan klub Catalan itu tahun 2004, kontraknya masih setahun dengan Barcelona. Ia adalah pencetak gol terbanyak di liga Spanyol musim lalu, dengan 30 gol.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009