Jakarta, 21/7 (ANTARA) - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) akan melakukan enam langkah pemulihan (recovery) pasca-peristiwa bom Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton di kawasan Mega Kuningan Jakarta Jumat pagi (17/7), demikian hasil rapat Tim Crisis Center Depbudpar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (20/7).

Disebutkan langkah pertama, menyelenggarakan kunjungan jurnalis luar negeri ke Indonesia atau media tour. Langkah kedua, menyelenggarakan fam tour dari sumber-sumber pasar utama wisatawan mancanegara (wisman) dengan mengundang para tour operators, public figures, serta prominent persons .

Langkah ketiga, mengefektifkan perwakilan promosi pariwisata atau tourism promotion representatives Indonesia di 9 negara di luar negeri yakni Singapura, Malaysia, China, Jepang, Korea, Australia, India, Timur Tengah (Dubai), Eropa (Jerman).

Langkah keempat, melakukan roadshow untuk memulihan citra Indonesia di pasar utama wisman. Dalam roadshow ini akan dilakukan dialog interaktif dan table top, functions (gathering) serta penyampaian informasi terkini tentang kepariwisataan Indonesia kepada para industri pariwisata dan press serta prominent persons.

Langkah kelima adalah melakukan kampanye iklan atau pencitraan antara lain dengan melakukan promosi pariwisata melalui media cetak dan elektronik serta co-promotion bersama industri pariwisata di luar dan dalam negeri dengan target utama konsumer di sumber pasar utama mancanegara.

Langkah keenam, melakukan dukungan berbagai event nasional dan internasional di Jakarta, seperti MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dan festival budaya dan olah raga dengan memperkuat event-event budaya dan olah raga yang sudah terjadwal di Jakarta.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membangun dan meningkatkan pemahaman kondisi terkini pasca tragedi bom (seeing is believing).

Para jurnalis dan tour operator yang diundang berasal dari pasar utama pariwisata Indonesia di luar negeri antara lain; Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, China, Hong Kong, Jepang, Australia, Selandia Baru, India, Timur Tengah (Saudi Arabia, UEA, Kuwait, Qatar), Belanda, Perancis, Jerman, Spanyol, Rusia, USA dan Canada. Mereka akan mengunjungi Jakarta dan sejumlah destinasi di Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Informasi dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009