Peshawar,(ANTARA News) - Jet-jet tempur Pakistan menyerang pangkalan-pangkalan panglima perang Taliban Baitullah Mehsud, menewaskan empat gerilyawannya di wilayah baratlaut dekat perbatasan dengan Afghanistan, kata seorang pejabat, Rabu.

Pesawat itu mengebom dua tempat di daerah Sarwakai di Waiziristan Selatan, satu daerah suku yang berbatasan dengan Afghanistan, kata para pejabat.

"Jet-jet kami menghantam satu pangkalan gerilyawan di Gurguri dan sebuah kompleks Taliban di Ous Pass di Sarwakai. Kedua lokasi hancur dan empat gerilyawan tewas," kata seorang pejabat militer, yang tidak bersedia menyebutkan namanya.

Para gerilyawan yang tewas dalam serangan itu adalah anggota kelompok Mehsud, katanya,

Seorang pejabat pemerintah mengkonfirmasikan serangan-serangan Selasa petang itu, tetapi tidak memberikan angka mengenai korban -- yang tidak mungkin mengkonfirmasikan secara independen karena lokasi itu terpencil yang tidak berada dalam kekuasaan langsung pemerintah.

Sarwakai, yang dikuasai pemimpin Taliban Pakistan Mehsud, terletak sekitar 35km timur Wana, kota utama di Waziristan Selatan.

Daerah itu terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan wilayah suku itu dengan kota Tank, Pakistan Barat laut.

Amerika Serikat mencap Mehsud seorang fasilator Al Qaida di daerah-daerah suku. Islamabad menyalahkan dia atas gelombang serangan bunuh diri di seluruh Pakistan dalam dua tahun belakangan ini dan pemerintah-pemerintah terdahulu menuduh dia mendalangi pembunuhan mantan PM Pakistan Benazir Bhutto tahun 2007, seperti dikutip dari AFP.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009