Jambi (ANTARA News) - Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Zulkifli Nurdin yang juga Gubernur jambi mengatakan, saat ini anaknya Zumi Zola belum memiliki kemampuan untuk dicalonkan menjadi gubernur Jambi periode 2010-2015 oleh PAN.

"Anak saya Zumi belum memiliki pengalaman yang cukup untuk menjadi gubernur Jambi periode mendatang," kata ketika ditanya di Jambi, Rabu.

Untuk bisa memegang jabatan gubernur di masa mendatang, Zulkifli mengaku akan menempa dulu anaknya Zumi Zola sebagai Ketua DPW PAN Provinsi Jambi.

Saat ditanya tanggapannya, jika Zumi dicalonkan menjadi wakil gubernur, ia menyatakan posisi wakil itu hanya sebagai ban serep saja.

Untuk menempanya, selain memposisikan Zumi Zola sebagai ketua DPW PAN Provinsi Jambi juga akan diusung sebagai kandidat calon bupati Tanjung Jabung Timur (tanjabtim), menggantikan Abdullah Hich, bupati saat ini yang juga berasal dari PAN.

Zumi Zola yang juga artis sinetron itu merupakan kader dan pengurus PAN, hal itu juga dinyatakan Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Hasan Ismail bahwa Zumi saat ini menjadi pengurus DPC PAN Sabak Timur, Kabupaten Tanjabtim.

Setelah tertempa di kepengurusan inti atau Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, kata Zulkifli Nurdin, Zumi Zola akan diproyeksikan menjadi gubernur Jambi.

"Saat ini difokuskan dulu ke bupati Tanjabtim dan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi," ujarnya.

Namun soal wacana Zumi akan diposisikan terlebih dahulu di Ketua DPW PAN Jambi, Gubernur Jambi ini mengaku belum dikomunikasikan kepada anaknya.

Namun diakuinya, wacana memunculkan Zumi Zola ini sudah disampaikan kepada DPP PAN, terutama kepada Hatta Rajasa dan Sekjen DPP PAN Zulkifli Hasan.

Para petinggi DPP itu setuju dengan usulan tersebut, bahkan DPP PAN akan mendukung keputusan yang menjadi kesepakatan DPW PAN Provinsi Jambi, sebab selama ini DPP selalu menyanjung keberhasilan PAN di Provinsi Jambi, katanya.

Salah satu contohnya pada Pemilu legsilatif, DPP PAN menyatakan untuk DPR RI, PAN Jambi peringkat tertinggi yang berhasil meraih suara terbanyak di seluruh dewan pengurus PAN se Indonesia.

Begitu juga untuk DPRD provinsi, PAN Jambi tertinggi memperoleh suara dibanding pengurus PAN di provinsi lain.

Sementara itu, di lingkaran keluarga Zulkifli Nudin juga masih ada yang akan ikut memperebutkan posisi orang nomor satu di Provinsi Jambi, yaitu Hazrin Nurdin, yang juga adik kandung Gubernur Jambi, yang kini gencar bersosialisasi untuk mengejar posisi gubernur.

Saat ini, menjelang suksesi gubernur Jambi, sudah muncul sejumlah nama bupati yang juga akan maju seperti Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus, Bupati Tebo Madjid Muaz, Bupati Bungo Zulfikar Achmad, Bupati Tanjabtim Abdullah Hich dan Bupati Tanjabbar Safrial.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009