Le Grand-Bornand, Prancis (ANTARA News/AFP) - Pembalap Luxemburg, Frank Schleck, menjuarai etape ke-17 Tour de France di Le Grand-Bornand, Rabu.

Juara Tour de Frace 2007 dari Spanyol, Alberto Contador, yang finis di posisi kedua etape tersebut, mempertahankan jaket kuning tanda pimpinan klasemen umum, sementara saudara Frank, Andy berada di posisi ketiga.

Contador kini mengungguli Andu Schleck dua menit dan 26 detik, dan unggul atas Frank tiga menit dan 25 detik dan juara tujuh kali Tour de France, Lance Armstrong, terlempar dari tempat podium karena ia menempati posisi keempat dengan tiga menit dan 55 detik di belakang rekan satu timnya di Astana.

Pada hari ketiga dan hari terakhir di tanjakan pegunungan Alpen, Contador mengukuhkan statusnya sebagai pimpinan balapan sejati, setelah menghalau serangkaian serangan oleh Schleck bersaudara di final balapan yang mendebarkan tersebut.

Sementara Contador terus meninggalkan Armstrong, Andy Schleck, dari Saxo bank, meningkatkan posisinya di klasemen untuk mengancam tempat podium pembalap Inggris, Bradley Wiggins.

Pembalap Luxemburg itu dan kakaknya, Frank, melancarkan serangkaian serangan untuk berusaha dan mengguncang saingan jaket kuning mereka di hari kedua tanjakan tersebut, dataran curam Col de Romme, yang puncaknya berjarak 29km dari finis tersebut.

Berkat akselerasi mereka, suatu rombongan yang terdiri atas kelima pembalap terkemuka dalam klasifikasi umum antara lain terpecah, dengan Armstrong tertinggal dari Wiggins.

Tetapi, langkah Schleck bersaudara itu gagal menakuti Contador, dan dengan rekan satu timnya di Astana, Andreas Kloden tetap bersamanya, Schleck bersaudara itu tidak mempunyai pilihan lain.

Dengan Contador tamp[aknya tak terkalahkan, segera menjadi jelas bahwa meninggalkan Wiggins sejauh mungkin dan melemparkannya dari podium, merupakan pilihan terbaik Andy Schleck.

Kuartet tersebut sampai di puncak Col de Romme dengan keunggulan 1:20 atas Armsrong, Wiggins, rekan satu timnya di Garmin, Christian Vande Velde, dan pembalap Italia, Vincenzo Nibali dari Liquigas.

Juara bertahan dari Spanyol, Carlos Sastre,melancarkan serangan awal yang sia-sia di tanjakan menuju Col de Romme, tetapi pembalap Cervelo itu segera meninggalkan suatu rombongan yang ketinggalan tiga menit di puncak tersebut.

Sementara itu, Contador melakukan drama singkat ketika, setelah mengalahkan Kloden, ia melepaskan diri dari Schleck bersaudara di empat kilometer dari puncak Col de la Colombiere.

Tetapi, pembalap Spanyol itu, yang secara cepat menjauhkan diri dari para saingannya, memperlambat laju sepedanya untuk menunggu Schleck bersaudara setelah menyadari bahwa ia akan terisolir di turunan 15km menuju Le Grand Bornand.

Sementara Arstrong memutuskan bahwa kinilah saatnya untuk memacu sepedanya dan ia meninggalkan Wiggins du kilometer terakhir di tanjakan tersebut.

Semetara Kloden menentuh melintasi puncak tersebut 1:15 di belakang kuartet yang memimpin tersebut, Arstrong terpaut 2:06 dengan Wiggins dan Nibali di belakang berikutnya.

Di turunan menuju Le Grand Bornand, Schleck bersaudara itu tertinggal dari Contador, tetapi, akhirnya Franklah yang keluar sebagai pemenang, dan Contador hanya dapat tersenyum.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009