Annecy, Prancis (ANTARA News/Reuters) - Pemimpin klasemen keseluruhan Alberto Contador membuktikan bahwa dia benar-benar pembalap terbaik pada Tour de France, dengan memenangi nomor Individual Time Trial (ITT) sejauh 40,5km, Kamis, mengelilingi danau Annecy.

Pembalap Spanyol, yang tidak ada bandingannya di rute pegunungan, yang juga tercepat dalam kelompok pembalap pada etape ke-18 dengan catatan waktu 48 menit 30 detik.

Juara Tour 2007 itu mengalahkan peraih medali emas Olimpiade Fabian Cancellara dengan selisih tiga detik dan pembalap Rusia Mikhail Ignatiev dengan 15 detik.

Kekecewaan pada hari itu dialami pembalap Amerika Serikat Lance Armstrong, yang mengawali balapan dengan cepat, namun tidak dapat mempertahankannya dan hanya menempati urutan ke-16.

Catatan juara tujuh kali itu itu, selisih 1:30, sudah cukup untuk menggeser pembalap Luksemburg Frank Schleck dari posisi ketiga klasemen keseluruhan.

Saudara Frank Schleck, Andy mengatasai kerusakan dengan mempertahankan posisi keduanya, terpaut 4:11 di belakang Contador.

Rekan setim Contador, Armstrong, tertinggal 5:25, sedang pembalap Inggris Raya Bradley Wiggins di posisi keempat, 5:36, dan dua detik di depan pembalap Jerman Andreas Kloeden.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009