Tokopedia, OVO, dan Grab kumpulkan Rp2,5 miliar donasi sektor informal

Tokopedia, OVO, dan Grab kumpulkan Rp2,5 miliar donasi sektor informal

Pengemudi ojek daring (ojol) mendapat pesanan belanja kebutuhan bahan makanan di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Senin (4/5/2020). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.

Kampanye program patungan untuk berbagi ini menjadi tahun kedua
Jakarta (ANTARA) - Ekosistem digital terbesar Indonesia, Tokopedia, OVO, dan Grab berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp2,5 miliar untuk membantu pekerja sektor informal terdampak pandemi COVID-19, dan sebagai upaya memperkuat program jaring pengaman sosial pemerintah.

Sejak diluncurkan beberapa pekan lalu, donasi sebesar Rp2,5 miliar tersebut terkumpul melalui kampanye kolektif Patungan Untuk Berbagi THR lewat platform digital yang dilakukan bersama BenihBaik dan Gusdurian.

"OVO, Tokopedia dan Grab juga berkomitmen untuk melipatgandakan setiap donasi yang terkumpul, sampai dengan Rp1,5 miliar," kata Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Karaniya mengatakan kampanye ini merupakan program tahunan dari Tokopedia, OVO dan Grab yang dilakukan untuk memperkuat program jaring pengaman sosial pemerintah.

Tahun ini, fokus program untuk menggalang bantuan sembako bagi pekerja informal yang terdampak pandemi COVID-19. Dengan 115 juta perangkat dalam ekosistemnya, OVO, Tokopedia, dan Grab berfungsi sebagai jembatan yang kuat untuk berbagi dan menjadikan kampanye "Patungan Untuk Berbagi THR" sebagai gerakan berbasis digital terbesar untuk membantu pekerja sektor informal di Indonesia.

Periode donasi akan terus dibuka hingga 20 Mei 2020 dan bisa dilakukan langsung dari platform Tokopedia, OVO, dan Grab.

Patungan Untuk Berbagi THR merupakan program donasi dan distribusi sembako minim kontak, mulai dari proses pengumpulan donasi, pembelian paket hingga pengiriman yang dilakukan dengan pembatasan kontak secara optimal.

Program ini menggandeng BenihBaik, Jaringan Gusdurian, PP Pemuda Muhammadiyah, serta organisasi masyarakat lainnya.

Untuk memastikan kontak dan keterlibatan uang tunai secara minimum, BenihBaik akan melakukan pembayaran menggunakan OVO dan paket Sembako akan dikirimkan oleh layanan kurir instan GrabExpress, langsung ke penerima manfaat.

"Kampanye program patungan untuk berbagi ini menjadi tahun kedua aksi kolaborasi, solidaritas, dan berbagi oleh OVO, Tokopedia, dan Grab, melalui optimalisasi aset digital yang dimiliki untuk menyebarkan niat baik," kata Karaniya.

Baca juga: Dua tahun merugi, Presdir OVO optimistis bisa profit dan berkelanjutan
Baca juga: Tokopedia: keamanan data prioritas kami
Baca juga: Bantu pergerakan medis, Grab sediakan skuter GrabWheels di Wisma Atlet

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Donasi untuk TKI di Malaysia terus mengalir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar