Roma (ANTARA News) - Striker Barcelona Samuel Eto`o menyetujui persyaratan atas transfernya dari Barcelona ke Inter Milan, kata agen bintang internasional Kamerun itu, Jose Maria Mesalles, Kamis, seperti dilaporkan AFP.

Mesalles muncul dari ruangan setelah melakukan perundingan dua jam dengan wakil Inter untuk memberitahu kepada pers yang tengah menunggu dan menyatakan bahwa suatu kesepakatan telah disetujui.

Kesepakatan tersebut belakangan dikonfirmasi oleh wakil khusus Inter bagi transfer pemain, Marco Branca.

"Satu-satunya masalah adalah bonus atas kesetiaannya dengan Barcelona," ujar Mesalles.

Eto`o akan tiba di Milan hari Senin atau Selasa untuk menandatangani kontraknya tersebut.

"Ini benar-benar perundingan yang lama tetapi dilakukan dengan rasa saling menghargai dan untuk itu saya harus berterima kasih kepada Inter," tutur Mesalles.

Agen tersebut menghabiskan waktu tiga hari untuk berunding dengan Inter sebelum suatu kesepakatan tercapai yang akan menetapkan pertukaran Eto`o dari Barcelona sementara pemain depan Inter Zlatan

Ibrahimovic asal Swedia bergabung dengan juara Liga Utama Spanyol (Liga Primera) tersebut.

Sama halnya dengan Eto`o, klub Catalan itu akan membayar klub Italia itu 50 juta euro dan mengijinkan pemain sayap Alexander Hleb asal Belarus diboyong ke San Siro sebagai pemain pinjaman.

Menurut Gazzetta dello Sport, Eto`o akan menandatangai kontrak lima-tahun senilai antara 10-10,5 juta euro setahun.

Eto`o (28), yang bergabung dengan klub Catalan tahun 2004, masih memiliki sisa setahun dalam kontraknya dengan Barcelona.

Ia merupakan pencetak gol terbanyak Barca pada liga Spanyol musim lalu, dengan 30 gol.

Presiden Inter Massimo Moratti mengatakan di lama klub tersebut bahwa transfer itu `hampir rampung` dan menambahkan ia tidak akan mengeluarkan komentarnya terlebih dahulu sampai semua masalah transfer pemain itu selesai.

Namun Moratti buru-buru membantah spekulasi di pers Italia bahwa pelatih Inter Jose Mourinho tidak menginginkan bintang Kamerun itu berada di klub tersebut.

"Berita itu benar-benar tidak benar, saya sudah berbicara dengan Mourinho di telepon dan ia malah menjadi bagian dari proses (transfer) itu selama ini," kata Moratti.

"Mengenai masalah Ibrahimovic, itu merupakan sesuatu yang dia (Mourinho) selalu tahu apa yang kemungkinan terjadi."

"Terus terang pelatih itu telah menjelaskan ia tidak yakin striker Swedia itu mau pergi ke klub lain tetapi ia adalah pengagum berat Eto`o dan ia sangat puas dan senang mengenai kemungkinan ini, pertukaran ini," demikian Moratti. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009