Donington, Inggris (ANTARA News) - Valentino Rossi berharap dapat merayakan kemenangannya di Donington Park, Minggu, saat kejuaraan itu diadakan di lintasan kondang di Inggris itu untuk yang terakhir kalinya.

Namun juara Rossi, yang memimpin 14 poin pada klasemen sementara kejuaraan 2009, harus hati-hati karena rekan setimnya Jorge Lorenzo dan juara dunia 2007 Casey Stoner juga mengincar kemenangan di tempat itu di atas Ducati.

Rossi, yang memenangkan perlombaan keempat musim ini di Sachsenring minggu lalu, memenangkan perlombaan pertama dalam karirnya di tempat itu pada 2000, namun setelah itu tidak pernah menang di sirkuit Donington itu sejak 2005.

Pembalap delapan kali juara dunia itu mengatakan, "Tahun lalu saya membalap dengan amat bagus di Donington dan berada di urutan kedua. Saya selalu mengatakan Donington merupakan salah satu sirkuit favorit saya --lintasannya cepat, seperti mengalir, sehingga butuh teknik tinggi dan Inggris merupakan negara khusus bagi saya karena tempat itu lama menjadi kampung halaman saya."

Mulai tahun depan, perlombaan Inggris Grand Prix dipindahkan ke

Silverstone sedangkan Donington menjadi tempat perlombaan Formula 1 Grand Prix.

Rossi mengakui amat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sirkuit itu.

"Ini merupakan yang terakhir kami membalap di sini dan saya sedih, tapi itu pula yang membuat saya lebih terpicu untuk menang, untuk saya sendiri, untuk pendukung saya, yang selalu menganggap saya sebagai bagian dari mereka," kata pembalap Yamaha, Rossi, yang memiliki catatan menang delapan kali dalam berbagai kelas di tempat itu.

"Saya tidak pernah lagi menang di tempat itu sejak 2005. Itu waktu yang amat lama dan saya akan mengucapkan `selamat tinggil` kepada sirkuit itu pada momentum yang baik bagi saya," katanya.

Rossi (30) memenangkan tiga dari empat balapan terakhir pada musim 2009 dan sudah memecah rekor kemenangan ke-100 kalinya.

Lorenzo terpaut 14 poin dari Rossi dan Stoner 28 poin lebih jauh.

Pembalap Australia Stoner sedang berusaha menghilangkan virus misterius yang menyerangnya, yang menyebabkan ia gampang lelah. Ia sempat memimpin 10 putaran sebelum akhirnya berada di urutan keempat pada perlombaan minggu lalu di Jerman.

"Kami melakukan pekerjaan bagus di Sachsenring dan sekarang saya merasa percaya diri semakin besar untuk dapat berbuat sesuatu di Donington," kata pembalap berusia 23 tahun dari Australia itu.

"Hal terbaik yang kami harapkan, kondisi cuaca dan temperatur nanti sama dengan yang kami alami di Jerman, karena hal itu memegang peranan utama. Sedangkan sirkuitnya memiliki tikungan panjang sehingga saya bisa sedikit lebih santai di atas kendaraan saya," katanya.

"Saya senang bila cuaca di Donington nanti sama dengan di Jerman.

Tentang sirkuit, saya tidak suka dengan lintasannya, tetapi saya pernah melakukan yang terbaik di situ," katanya.

Klasemen MotoGP (setelah sembilan putaran)

1. Valentino Rossi (Italia/Yamaha) 176 poin

2. Jorge Lorenzo (Spanyol/Yamaha) 162

3. Casey Stoner (Australia/Ducati) 148

4. Dani Pedrosa (Spanyol/Honda) 108

5. Colin Edwards (AS/Yamaha) 83

6. Marco Melandri (Italia/Kawasaki) 70

7. Andrea Dovizioso (Italia/Honda) 69

8. Chris Vermeulen (Australia/Suzuki)64

9. Loris Capirossi (Italia/Suzuki) 61

10. Randy de Puniet (Prancis/Honda) 58

250cc (setelah delapan putaran)

1. Hiroshi Aoyama (Jepang/Honda) 134 poin

2. Alvaro Bautista (Spanyol/Aprilia) 124

3. Hector Barbera (Spanyol/Aprilia) 106

4. Marco Simoncelli (Italia/Gilera) 102

5. Mattia Pasini (Italia/Aprilia) 64



125cc (setelah delapan putaran)

1. Julian Simon (Spanyol/Aprilia) 129 poin

2. Sergio Gadea (Spanyol/Aprilia) 104

3. Bradley Smith (Ingris/Aprilia) 98,5

4. Andrea Iannone (Italia/Aprilia) 93,5

5. Nicolas Terol (Spanyol/Aprilia) 81,5.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009