Ketua MPR: Masyarakat harus segera menikmati bantuan

Ketua MPR: Masyarakat harus segera menikmati bantuan

Arsip-Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga di Jakarta Utara, Selasa (21/4/2020). ANTARA/HO/Dok-Humas MPR/am.

....mendorong pemerintah daerah membuka data penerima bansos
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan masyarakat harus segera menikmati bantuan dari pemerintah terkait COVID-19, apalagi sudah mendekati Hari Raya Idul Fitri 2020.

Bamsoet, di Jakarta, Selasa, menjelaskan hal tersebut sebagai respons atas belum kunjung rampungnya pendataan warga terdampak di daerah luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan menjadi kendala pemerintah pusat dalam menyalurkan bantuan.

"Pemerintah pusat mesti mendesak pemerintah daerah merangkul RW dalam melakukan verifikasi data penerima bansos, agar data yang diperlukan dapat segera rampung sebelum hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, sehingga yang berhak menerima dapat segera menikmati," kata dia.
Baca juga: Ketua MPR berikan sembako ke veteran dan warakawuri TNI/Polri


Dia juga meminta pemerintah daerah memberi prioritas untuk pemberian data ke pemerintah pusat, dengan demikian bantuan nanti diutamakan datang dari pemerintah pusat.

"Hal itu mengingat prosedur penyaluran bansos yang dilakukan pusat melalui proses yang panjang," katanya.

Bamsoet juga mendorong pemerintah daerah membuka data penerima bansos, dengan mengumumkan nama-nama penerima serta menempelkan daftar penerima bansos sembako dan dana tunai di kantor-kantor kelurahan dan desa.

"Dengan demikian, masyarakat bisa mengakses dan mengetahui siapa saja penerima bansos, mengingat banyaknya keluhan terkait distribusi bansos sembako dan dana tunai diterima oleh yang tidak berhak," ujarnya pula.

Kemudian, Bamsoet juga meminta pemerintah pusat maupun daerah melakukan evaluasi pelaksanaan penyaluran bansos, mengingat dampak bantuan sosial kepada masyarakat merupakan hal yang sensitif.

"Bila ada kesalahan dalam penyaluran berpotensi menimbulkan kekecewaan dan bisa menimbulkan keributan di lapangan," ujarnya pula.
Baca juga: Ketua MPR salurkan sembako ke guru ngaji dan pengurus mushalla

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jazilul Fawaid: Target pertumbuhan ekonomi butuh perombakan kebijakan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar