Mont Ventoux, Prancis (ANTARA News/Reuters) - Alberto Contador hampir pasti menjuarai Tour de France untuk keduakalinya setelah mengendalikan para pesaingnya pada etape kedua terakhir ke Mont Ventoux yang menempuh 167km, Sabtu.

Pembalap Spanyol Juan Manuel Garate memenangi etape paling bergengsi tersebut. Dengan hasil itu tidak ada perubahan besar dalam klasemen balapan sebelum balapan terakhir di Paris.

Garate mengungguli pembalap Jerman Tony Martin, yang seperti halnya dia, melepaskan diri dalam kelompok 16 pembalap hampir sejak awal balapan di Montelimar.

Kedua pembalap itu menjadi dua pembalap yang masih bisa bertahan dari tangkapan para pembalap favorit, yang bersama hingga garis finish meskipun sempat ada serangan yang tidak berarti dari dua bersaudara Andy and Frank Schleck.

Andy mencapai finish di posisi ketiga etape itu, di depan pemimpin klasemen Tour Contador dan pembalap Amerika Serikat Lance Armstrong.

Setiap kali dua pembalap Luksemburg itu bergerak, maka dengan cepat dikendalikan Contador, yang kini unggul empat menit dan 11 detik atas Andy dan hampir mungkin memenangi Tour untuk keduakalinya di Champs-Elysees, Minggu.

Dalam satu serangan yang dilakukan Schlecks, juara Tour 2007 itu bahkan dibantu rekan setim Astana dia, Armstrong, yang bisa mempertahankan posisi ketiganya.

Juara tujuh kali Tour itu terpaut 5:24 di belakang pembalap Spanyol itu dan kemungkinan akan kembali lagi ke podium akhir untuk pertamakalinya sejak 2005.

Pembalap Inggris Bradley Wiggins mengendur pada kilometer terakhir namun bisa mempertahankan posisi keempat di dalam klasemen umum, sedang Frank Schleck naik ke posisi kelima.

Tour akan berakhir di Champs-Elysees di Paris pada hari Minggu setelah etape sejauh 164,5km dari Montereau-Fault-Yonne.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009