New York,(ANTARA News) - Amerika Serikat kalah memalukan 0-5 ketika bertemu dengan Meksiko pada pertandingan final Piala Emas CONCACAF yang dimainkan di Giants Stadium, Minggu waktu setempat.

Kemenangan itu membuat Meksiko menoreh rekor kemenangan kelima Piala Emas dan merupakan yang pertama dalam pertandingan kandang pertama mereka ke Amerika Serikat sejak 1999, demikian dikutip dari Reuters.

Setelah memperagakan permainan yang lebih bagus pada babak pertama, AS akhirnya kecolongan pada menit ke-56 ketika Giovani Dos Santos dijatuhkan Jay Heaps dan wasit dari Jamaika Courtney Campbell menghadiahkan tendangan penalti.

Kapten Meksiko Gerardo Torrado dengan penuh rasa percaya diri menundukkan penjaga gawang AS, Troy Perkins, lewat tendangan keras dan tim Amerika, yang tinggal memiliki separuh kekuatannya dalam turnamen itu, akhirnya tidak kuasa menahan kekalahan mereka.

Dos Santos, yang tampil amat mengesankan, membuat angka menjadi 2-0 dan ia berperan menciptkan gol ketiga ketika memberi umpan kepada pemain pengganti Carlos Vela yang langsung menjebol gawang Amerika.

Vela, yang membuat permainan semakin berkembang cepat, sebagai pemain pengganti pada babak kedua, membangun serangan dan mengirim bola kepada Jose Antonio Castro untuk menciptakan gol keempat dan keprihatinan AS berkepanjangan ketika pemain bertahan Heaps dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-88 karena mendapat kartu kuning kedua.

Pada menit akhir permainan, Guillermo Franco melakukan gebrakan dan melahirkan gol kelima bagi Meksiko setelah berhasil melewati para pemain bertahan Amerika.

Kedua tim ini akan bertemu lagi pada 12 Agustus pada babak penyisihan Piala Dunia di Stadion Azteca di Kota Meksiko.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009