Baghdad (ANTARA News/AFP) - Satu pejabat senior militer Irak, satu kepala suku Sunni dan sedikitnya dua orang yang lain tewas akibat kekerasan di negara itu Senin, polisi mengatakan.

Di Fallujah, di barat Baghdad, Kapten Ibrahim Khairallah Hamadi tewas ketika sebuah bom yang dilekatkan ke mobilnya meledak di kompleks perumahannya, mayor polisi Yassin Mohammed mengatakan pada AFP. Salah satu dari pengawal Hamadi terluka dalam serangan itu.

Di Mosul, satu pemimpin suku Sunni tewas dan supirnya terluka dalam serangan yang sama di pusat kota di Irak utara yang bergolak itu, menurut seorang pejabat polisi yang menolak untuk disebutkan namanya.

Ia mengatakan enam pejabat polisi dan beberapa tentara terluka akibat ledakan sebuah bom di tepi jalan di Jalan Palestina.

Menurut pejabat polisi lainnya, sejumlah pria bersenjata telah menembak mati saudara laki-laki seorang mayor polisi di luar Baquba, di utara ibukota Irak Baghdad.

Serangan itu tiba kurang dari satu bulan setelah tentara AS mundur dari pusat-pusat kota sesuai dengan perjanjian keamanan dengan pasukan Amerika akan meninggalkan Irak pada akhir 2011.

Kekerasan telah menurun mencolok sekali di seluruh negara itu dalam beberapa bulan belakangan ini tapi serangan meningkat menjelang penarikan militer AS, dengan 437 warga Irak tewas Juni -- korban tewas terbesar dalam 11 bulan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009