Kemarin, Presiden curigai permainan harga gula hingga BPJS naik

Kemarin, Presiden curigai permainan harga gula hingga BPJS naik

Ilustrasi: Pedagang menimbang gula pasir yang sudah dikemas di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (21/4/2020). Pedagang di pasar itu menjual gula seharga Rp19 ribu per kilogram. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran kementerian terkait untuk mengungkap penyebab tingginya harga gula pasir dan bawang merah karena terdapat dugaan permainan pihak dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan mulai Juli. Berikut adalah lima berita ekonomi kemarin yang dihimpun Antara di Jakarta, Kamis untuk layak disimak hari ini : 1. Pemerintah terus undang investor masuk untuk produksi alat medis

Pemerintah terus mengundang investor masuk dan menanamkan modal di Indonesia seiring dengan rencana dibangunnya laboratorium (lab) khusus untuk menguji alat medis mulai tahun 2021 mendatang.

"Mulai tahun depan, Indonesia akan punya laboratorium untuk tes alat medis. Kita sudah rancang laboratorium ini selama tiga tahun dan akan dirampungkan tahun ini," kata Plt Direktur Perdagangan, Investasi dan Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Leonardo Teguh Sambodo dalam webinar di Jakarta, Rabu.

Link : Selengkapnya


2. Iuran BPJS Kesehatan naik per Juli, sebagian disubsidi pemerintah

Pemerintah menetapkan kenaikan iuran peserta mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara bertahap pada Juli 2020 dan kemudian Januari 2021, namun peningkatan tarif peserta mandiri dengan manfaat perawatan kelas III disubsidi oleh pemerintah.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang dikutip di Jakarta, Rabu, pemerintah menetapkan iuran peserta mandiri Kelas III sebesar Rp42.000 mulai Juli 2020. Namun, peserta cukup membayarkan iuran sebesar Rp25.500, karena sisanya sebesar Rp16.500 disubsidi oleh pemerintah pusat, sesuai ketentuan di pasal 34 ayat 1 Perpres.

Link : Selengkapnya


3. Kemenkeu tegaskan suntikan Rp34,15 triliun bukan untuk selamatkan bank

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu menegaskan alokasi anggaran Rp34,15 triliun kepada bank-bank besar bukan merupakan upaya untuk menyelamatkan dari kebangkrutan.

Febrio mengatakan anggaran Rp34,15 triliun sepenuhnya untuk subsidi bunga kredit dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar dapat membantu UMKM dan pelaku usaha ultra mikro di tengah pandemi COVID-19.

Link : selengkapnya

4. Pelni siap kembali angkut penumpang

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni siap kembali mengangkut penumpang dengan syarat sesuai Surat Edaran Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 No 4 Tahun 2020 dan Surat Edaran Dirjen Hubla Kemenhub No 21 Tahun 2020.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni OM Sodikin menyampaikan manajemen saat ini tengah mempersiapkan kembali penjualan tiket bagi penumpang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan Gugus Tugas.

Link : Selengkapnya


5. Presiden curigai ada permainan picu tingginya harga gula-bawang merah

Presiden Joko Widodo memerintahkan jajaran kementerian terkait untuk mengungkap penyebab tingginya harga gula pasir dan bawang merah karena terdapat dugaan tingginya dua bahan pokok tersebut akibat permainan harga yang menguntungkan segelintir pihak.

"Saya ingin ini dilihat masalahnya di mana, apakah masalah distribusi, atau stoknya kurang, atau ada yang sengaja permainkan harga untuk sebuah keuntungan yang besar," kata Presiden rapat terbatas melalui telekonferensi video mengenai Antisipasi Kebutuhan Pokok dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Link : Selengkapnya

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Operasi pasar tekan harga gula pasir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar