Jakarta (ANTARA News) - Kekalahan pebulutangkis tunggal putri Rizki Amelia Pradipta pada babak kualifikasi Selandia Baru Terbuka, menurut Paulus Firman, pelatih yang mendampingi bertanding di Auckland, antara lain karena kurang konsentrasi.

"Pada saat poin kritis ia kurang tenang. Konsentrasinya pada pola permainan belum konsisten, masih gampang lepas," ujar Paulus yang dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Rizki tumbang pada babak kualifikasi turnamen berhadiah 50.000 dolar AS yang berlangsung di North Shore, Auckland, setelah gagal mempertahankan keunggulannya pada game pertama, sehingga kalah oleh pemain Australia Erica Pong dengan skor 21-15, 12-21, 23-25.

"Pada game ketiga, sudah unggul 20-17 dan dua kali match point, tetapi tidak juga bisa menyudahi pertandingan," tambah Paulus yang menyebutkan bahwa penerimaan servis yang dilakukan Rizki juga sering dinyatakan salah oleh wasit.

Sementara Linda Weni Fanetri yang juga harus melalui babak kualifikasi, berhasil meraih tempat pada babak utama setelah menundukkan pemain tuan rumah Maggie Chan 21-11, 21-11.

Pada babak utama turnamen grand prix itu, Linda bertemu pemain Selandia Baru lainnya Clare Chapple.

Tunggal putri pelatnas lainnya, Aprilia Yuswandari yang langsung mendapat tempat pada babak utama, akan mengawali langkahnya dengan melawan Michelle KY Chan dari Selandia Baru.

Selain mereka, dua pemain asal PB Djarum yakni unggulan keempat Maria Febe Kusumastiti yang pekan lalu juara di Australia Terbuka dan Fransiska Ratnasari juga ambil bagian dalam turnamen tersebut.

Sementara itu, satu-satunya tunggal putra pelatnas yang berlaga di Auckland, Yoga Pratama berhasil melangkah ke putaran ketiga dengan menundukkan unggulan kelima asal Prancis Brice Leverdes 21-18, 21-19.

Yoga yang pada putaran pertama menang mudah 21-0, 21-7 atas pemain tuan rumah Sagar Rohra sebelum bertemu Leverdes, akan memperebutkan tempat di perempatfinal dengan Aditya Prakash dari India.

Dua pemain non pelatnas, Andre Kurniawan dan Andreas Adityawarman juga maju ke putaran ketiga.

Andre yang menjadi unggulan kedua tanpa kesulitan mengalahkan Riga Oud dari Selandia Baru 21-10, 21-8 untuk bertemu Koichi Saeki dari Jepang, sedangkan Adityawarman akan melawan unggulan ketujuh Anand Pawar dari India setelah sebelumnya menang 21-16, 21-10 atas Michael Fowke dari Selandia Baru.

Adapun tunggal putra lainnya, Dionysius Hayom Rumbaka yang pekan lalu juara di Australia Terbuka, langsung tersingkir pada putaran pertama dengan kekalahan 21-14, 16-21, 12-21 dari pemain Jepang Kazuzhi Yamada.

Babak utama untuk ketiga nomor ganda baru akan mulai dipertandingkan pada hari kedua, Rabu (29/7).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009