Surabaya (ANTARA News) - Para pebulutangkis unggulan teratas tunggal putri Indonesia melaju mulus ke babak perempatfinal Djarum Sirkuit Nasional Jawa Timur 2009, Rabu, setelah mengatasi lawan-lawannya.

Unggulan utama Febby Angguni asal Djarum Kudus, tidak terlalu banyak memeras keringat saat menang mudah 21-8, 21-6 atas Firda Rachma Amalia (Smash).

Begitu juga dengan rekan satu klubnya, Ana Rovita yang mengalahkan pemain SGS Elektrik Bandung, Desy Nidya, juga dengan "stright set" 21-15, 21-10.

Salah satu wakil Pelatnas, Tike Arieda Ningrum yang menempati seeded ketiga, sempat dipaksa bekerja keras pada set pertama, sebelum akhirnya memenangi pertandingan dengan skor 22-20, 21-9 atas pemain Indonesia yang membela Republik Ceko, Gustiani Megawatisari.

"Set pertama mainnya kurang bagus dan sering salah sendiri. Namun, saya mampu memperbaiki kesalahan pada set kedua," ujar Tike Arieda, usai pertandingan.

Pada perebutan tiket semifinal, Kamis (30/7), pebulu tangkis asal Jaya Raya Suryanaga Surabaya ini akan menghadapi pemain nonunggulan, Angeline Santoso (Jaya Raya Bintaro), yang sebelumnya menang mudah 21-7, 21-6 atas wakil Perancis, Shint Saiche.

Selain Tike, dua pebulu tangkis Pelatnas Pratama lainnya juga melaju ke perempat final. Mereka adalah Maziyah Nadhir yang menang atas Stevanie (SGS) 21-14, 21-16 dan Hera Desi mengalahkan Nova Resti (Tangkas Alfamart) 21-17, 21-13.

Selanjutnya, Maziyah Nadhir akan menantang Febby Angguni dan Hera Desi bertemu Ana Rovita. Febby Angguni merupakan juara Sirnas Tegal 2009 pada akhir pekan lalu, saat mengalahkan Ana Rovita di babak final.

Sementara itu, satu wakil Pelatnas lainnya, Siti Anida Lestari, gagal mengikuti jejak rekan-rekannya setelah takluk di tangan Yulia Yosephine (Jaya Raya Bintaro), dengan skor ketat 19-21, 21-23.

Dari nomor tunggal dewasa putra, Bandar Sigit Pamungkas (Djarum) dan andalan tuan rumah Fauzi Adnan (Suryanaga) yang masing-masing menempati unggulan pertama dan kedua, memastikan tempat di babak delapan besar.

Bandar Sigit tidak mengalami kesulitan saat membekuk Michael Agusthio (Suryanaga) 21-8, 21-11. Fauzi Adnan yang sebelumnya menjuarai Sirnas Bandung dan Tegal, juga menang mudah 21-14, 21-7 atas pemain Pelatnas, Senatria Agus Setia Putra.

Di babak delapan besar, Bandar Sigit akan mendapat ujian dari pemain gaek Jeffer Rosobin yang lolos dengan mengalahkan Ary Trisnanto (Pelatnas) melalui pertarungan "rubber set" 19-21, 21-19, 21-16.

Kemudian Fauzi Adnan ditantang wakil Pelatnas lainnya, Pandu Dewantoro. Unggulan kedelapan ini menumbangkan mantan pemain Suryanaga yang kini bermukim di Spanyol, Hendri Winarto dengan 21-15, 21-18.

"Meskipun usianya sudah tidak mudah lagi, Jeffer masih memiliki teknik pukulan yang bagus. Saya harus hati-hati dan sabar menghadapi dia untuk bisa menang," kata Bandar Sigit Pamungkas.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009