Palembang (ANTARA News) - Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah salah satu seri Sirkuit Nasional (Sirnas) Badminton Djarum Open 2012, pada 20-24 Maret mendatang, kata Ketua Umum Pengprov PBSI Sumsel, Robert Heri.

"Keputusan mengenai penyelenggaraan salah satu seri dari sembilan seri Sirnas tersebut, setelah Direktur Kompetisi PB PBSI Mimi Irawan meninjau langsung ke ibukota provinsi Sumsel ini, beberapa waktu lalu," ujar Robert, di Palembang, Sabtu.

Dia menerangkan, pihak PBSI menyatakan Palembang sangat layak menggelar kejuaraan bulu tangkis skala nasional dan internasional.

"GOR Ranau dan fasilitas perkampungan atlet eks SEA Games XXVI di Wisma Atlet Jakabaring Palembang, rencananya digunakan pada Sirnas mendatang. Fasilitas itu sudah sangat memadai," ujar dia.

Dia pun optimistis, perhelatan itu akan berlangsung sukses dan lancar, seperti SEA Games ke-26 lalu.

"Saat ini yang dilakukan Pengprov PBSI Sumsel adalah menyiapkan kepanitiaannya, karena dalam waktu dekat segera dilakukan pelantikan kepengurusan baru yang terbentuk setelah Musorprov beberapa waktu lalu," ujar dia lagi.

Robert menambahkan, kepercayaan Sumsel menjadi tuan rumah kejuaraan bulu tangkis sekelas Sirnas itu, merupakan harapan pelaku olahraga di daerah itu, seusai pelaksanaan SEA Games XXVI, 11-22 November 2011.

"Banyaknya kejuaraan dan kompetisi bulu tangkis di Sumsel diharapkan memacu keinginan anak-anak untuk menjadi atlet olahraga ini. Pada awalnya, Sumsel menjadi penyelenggara, dan nantinya diharapkan sebagai pesertanya," kata dia.

Dia menerangkan, pada ajang PON Riau mendatang, Sumsel mampu mendelegasikan 11 atlet, setelah mendapatkan tiket pada ajang pra-kualifikasi.

"Setelah kurang terdengar prestasinya dalam beberapa tahun terakhir, akhirnya dapat meloloskan 11 atlet ke PON. Memang belum maksimal, tapi setidaknya sudah ada sedikit kemajuan," ujar dia pula.

Menurut dia, Sirnas Badminton Djarum Open merupakan kejuaraan bergengsi yang diikuti atlet dari berbagai klub terkemuka di tanah air.

Direktur Kompetisi PB PBSI Mimi Irawan mengatakan, pemain-pemain top nasional yang tergabung di berbagai klub akan ambil bagian pada Sirnas itu.

Klub-klub itu, di antaranya, PB Djarum, Suryanaga, dan Tangkas.

"Kategori dipertandingkan adalah taruna, remaja, dan dewasa. Jadi, atlet bulu tangkis mulai dari yang minim pengalaman, sampai sudah punya nama di tingkat nasional akan berpartisipasi di kejuaraan ini," kata dia.

Mimi optimistis, dengan dukungan fasilitas yang berstandar nasional dan pengalaman pelaku bulu tangkis di Sumsel yang pernah menyelenggarakan PON XVI dan SEA Games XXVI, maka penyelenggaraan Sirnas nanti bisa berjalan lancar dan sukses.

"Apalagi, Pengprov PBSI Sumsel saat ini merupakan kepengurusan baru yang diharapkan lebih `fresh` menghadapi tugas dan tantangan ke depan," katanya.

Secara fasilitas tidak ada kendala berarti, sehingga sukses penyelenggaraan Sirnas nanti menjadi kesempatan Sumsel menggelar kejuaraan bulu tangkis lainnya yang lebih besar lagi, ujar dia. (SUS*B014/M033)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012