Jakarta (ANTARA News) - Kegiatan mimbar bebas akan digelar di eks-Kantor Sekretariat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang terletak di Jalan Diponegoro 58, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Kamis pagi, mimbar bebas rencananya diselenggarakan mulai sekitar pukul 11:00 WIB.

Aksi tersebut diperkirakan masih terkait dengan peristiwa 27 Juli 1996 yang lokasinya terjadi di eks-Kantor PDI itu.

Peristiwa 27 Juli 1996 merupakan kerusuhan di Jakarta yang dipicu oleh pengambilalihan kantor DPP PDI di Jalan Diponegoro 58 Jakarta Pusat dari massa pendukung kubu Ketua Umum DPP PDI Megawati Soekarnoputri oleh massa pendukung Ketua Umum DPP PDI kubu Soerjadi.

Sebelumnya, peringatan 13 tahun peristiwa tersebut dilaksanakan antara lain dengan aksi tabur bunga di eks-Kantor Sekretariat PDI Jakarta, Senin (27/7).

Menurut Ketua Penyelenggara Peringatan Peristiwa 27 Juli 1996, Sandra Lestari, acara itu dibuat semata-mata untuk mengenang kembali para korban peristiwa yang terjadi 13 tahun lalu.

Peserta acara tersebut akan diikuti oleh anggota forum komunikasi para korban dan keluarga korban peristiwa tersebut yang datang dari berbagai daerah antara lain di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Selain kegiatan mimbar bebas, TMC juga melaporkan akan tiga unjuk rasa yang akan dilakukan di beberapa tempat.

Unjuk rasa pertama diagendakan berlangsung di depan Kedutaan Besar Republik Rakyat China di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pukul 10:45 - 13:15 WIB.

Sedangkan aksi demonstrasi kedua dijadwalkan terjadi di dua tempat, yaitu di Kantor BP Migas Jalan Gatot Subroto dan di Kantor BPH Migas Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, mulai pukul 12:00 WIB.

Terakhir, unjuk rasa ketiga akan digelar di depan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pukul 16:00 - 17:00 WIB.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009