Roma (ANTARA News) - Michael Phelps mempertajam rekor dunianya sendiri dengan  meraih medali emas pada perlombaan gaya kupu-kupu 200 meter Kejuaraan Dunia yang berlangsung Rabu.

Perenang Amerika itu membuat waktu tercepat satu menit 51,51 detik untuk memperbaiki waktu yang dibuatnya di Olimpiade Beijing 1:52.03.

"Saya berusaha mempertahankan kekencangan laju saya pada 50 meter terakhir dan saya mampu melaksanakannya. Saya sudah merasakan paling cepat pada 100 meter awal," kata juara Olimpiade itu kepada wartawan.

Seperti selalu dilakukannya pada perlombaan nomor gaya kupu-kupu 200 meter, ia tidak menggunakan pakaian renang pendek melainkan yang agak panjang. Ia melakukan pemanasan menggunakan pakaian itu tetapi mengatakan ia merasa tidak begitu nyaman.

Kemenangannya itu untuk membalas kekalahannya di nomor gaya bebas 200 meter ketika Selasa perenang dari Jerman, Paul Biedermann, memecahkan rekornya dan menang dalam perlombaan di nomor itu.

Medali emas merupakan yang kedua diraih atlet berusia 24 tahun itu pada pertemuan renang dunia itu, setelah sebelumnya tim estafet AS menang di nomor 4X100meter pada perlombaan Minggu dan merupakan yang ke-19 secara keseluruhan (overall) dalam kejuaraan dunia.

Ia akan turun ke kolam lagi pada nomor gaya kupu-kupu 100 meter akhir minggu ini.

Atle dari Polandia, Pawel Korzeniowski, meraih medali perak pada nomor gaya kupu-kupu 200 meter itu dan perenang dari Jepang Takeshi Matsuda berada di urutan ketiga pada lomba di kolam terbuka itu.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009