THR cair, ini rekomendasi ponsel baru sesuai budget

THR cair, ini rekomendasi ponsel baru sesuai budget

Samsung Galaxy A31 (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Lebaran semakin dekat, sebagian besar perusahaan telah memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para karyawannya, bahkan THR untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri telah dicairkan hari ini.

Jika Anda berminat untuk membelanjakan uang THR untuk membeli smartphone baru, berikut rekomendasi ponsel yang meluncur pada pertengahan Maret hingga Mei yang dirangkum berdasarkan harga atau segmentasi pasar.

Untuk membedakan segmen harga, Antara merujuk pada segmen pasar ponsel IDC, mulai dari low-end, mid-end, hingga high-end.

Low-end
Segmen harga low-end memiliki batasan 100-200 dolar AS atau sekitar Rp1,4 juta hingga Rp2,8 juta. Tidak banyak vendor yang merilis smartphone pada segmen harga ini. Namun, ponsel yang meluncur di segmen ini telah dibekali fitur yang cukup baik.

1. Samsung Galaxy A01
Samsung merilis ponsel di segmen low-end atau pemula Galaxy A01, penerus Galaxy J2 Prime, pada 10 Maret. Galaxy A01 sudah dilengkapi dengan kamera ganda di belakang, masing-masing berupa lensa utama 13MP dan lensa depth 2MP untuk memberikan efek kabur atau bokeh pada foto.
 
Samsung Galaxy A01. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Samsung menyematkan fitur smart selfie expression di kamera depan 5MP Galaxy A01 untuk memberikan efek bokeh pada hasil swafoto.Dari segi layar, Samsung memberikan tampilan sebesar 5,7 inci layar Infinity-V untuk ponsel ini.

Untuk chipset, Samsung memakai teknologi buatan Qualcomm, Snapdragon 439, disandingkan dengan CPU octa-core dan GPU Andreno 505.

Galaxy A01 memiliki RAM sebesar 2GB dan kapasitas penyimpanan internal 16GB, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1.499 juta.

2. Xiaomi Redmi 8A Pro
Xiaomi resmi merilis Redmi 8A Pro dengan baterai 5.000mAh pada 2 April. Ponsel terbaru milik Xiaomi tersebut juga telah dibekali pengisian USB type-C yang mengakomodir Quick Charge 3.0 dengan kemampuan 18W, serta perlindungan Gorilla Glass 5.

Untuk kamera, Redmi 8A Pro dibekali kamera ganda dengan lensa utama 13MP dan lensa berkedalaman 2MP yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) serta kemampuan Google Lens. Sementara, untuk selfie, Xiaomi membenamkan kamera depan 8MP.

Dari segi dapur pacu, Redmi 8A Pro dipersenjatai chipset milik Qualcomm, Snapdragon 439. Xiaomi Redmi 8A Pro dibanderol dengan harga Rp1,549 juta untuk varian RAM 2GB + ROM 32GB, dan Rp1,649 juta untuk varian RAM 3GB + ROM 32GB.

3. Infinix Note 7
Ponsel Infinix Note 7 hadir di Indonesia pada 30 April dengan membawa baterai besar 5.000mAh, serta dikemas dengan tampilan layar punch hole 6.95 inci dengan resolusi HD+.
Smartphone Infinix Note 7 (ANTARA/HO)

Untuk kamera, smartphone ini hadir dengan konfigurasi empat kamera belakang yaitu 48 MP untuk PDAF, 2 MP untuk kamera makro, 2 MP untuk kamera berkedalaman, dan 2 MP untuk video camera, serta kamera selfie beresolusi 16 MP.

Menggunakan chipset gaming terbaru dari Mediatek yakni Helio G70, yang cocok untuk main mobile game, Infinix Note 7 menawarkan tiga opsi RAM yakni 4GB dengan penyimpanan 64 GB, 4GB dengan penyimpanan 128GB dan 6GB dengan penyimpanan 128GB, yang dibanderol dengan harga mulai Rp2,499 juta.


Baca juga: Daftar ponsel yang meluncur selama pandemi COVID-19

Baca juga: Daftar ponsel Xiaomi yang kebagian MIUI 12

Baca juga: Daftar ponsel ramah kantong cocok buat main game

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KPK OTT Pejabat Kemendikbud dan UNJ tekait dugaan minta THR

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar